Breaking News

Berita

Dinas Perikanan dan Peternakan Deiyai Bagikan Bibit Ikan kepada Warga

Ilustrasi. Foto: budidaya-ikan.com
Deiyai, Majalah Beko - - Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Deiyai membagikan bibit ikan kepada warga Deiyai pada Rabu (01/06) lalu di Kabupaten Deiyai. Bibit ikan yang dibagikan adalah ikan lele dumbo, ikan mas, dan ikan nila. Pembagian ini ditujukan kepada warga Deiyai yang mempunyai kolam ikan dan tidak memiliki bibit ikan.

“Pembagian bibit ikan kali ini, kami dari Dinas Peternakan Dan Perikanan membagikan bibit kepada masyarakat yang mempunyai kolam, tetapi tidak ada bibit ikan dalam kolam,” kata Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan  Deiyai, Martinus Tekege saat membagikan bibit ikan kepada warga Deiyai.

Selain membagikan bibit, Tekege mengatakan, pihaknya telah memfasilitasi tenaga guru perikanan untuk memelihara bibit ikan tersebut.

“Untuk cara mengawinkan ikan dan cara membesarkan ikan, saya selaku Kepala Dinas Peternakan Dan Perikanan sudah menyiapkan tenaga guru perikanan untuk siap mengajar kepada masyarakat,” tuturnya.

Oleh karena itu, Tekege meminta warga Deiyai segera mendaftarkan diri kepada petugas pembagian di Kantor Dinas Peternakan dan Perikanan Deiyai, serta mengambil langsung bibit ikan sesuai daftar nama yang telah didaftarkan.

Sementara, di kesempatan yang sama, Kepala Bidang Pengembangan Usaha Perikanan Deiyai, Servandus Bobii mengatakan, pembagian ini akan digelar di lima distrik se-Kabupaten Deiyai.

“Pembagian bibit ini, kami bagi lima distrik, yakni Distrik Tigi Barat, Distrik Kapiraya, Distrik Tigi, Distrik Tigi Timur, dan Distrik Bouwo Bado,” ungkapnya.

Dikatakan Bobii lebih lanjut, Dinas Peternakan Dan Perikanan Deiyai akan mengontrol usaha warga terhadap pemeliharaan ikan. Bobii juga meminta warga memelihara bibit ikan seefektif mungkin.

“Kami pemerintah bukan ambil, tapi pemerintah membantu kepada masyarakat. Jadi, mau hidupkan bibit ikan atau tidak, itu kembali kepada masyarakat. Pemerintah akan tetap kontrol setelah enam bulan kemudian. Jadi, piara ikan baik-baik, karena tahun depan pihak pemerintah melalui Dinas Peternakan dan Perikanan akan kontrol atau cek kembali,” pintanya.

Pantauan Majalah Beko, bibit ikan yang dibagikan ini diambil dari bibit yang ada di kolam ikan yang ada di Kabupaten Deiyai.

(JP)
Dinas Perikanan dan Peternakan Deiyai Bagikan Bibit Ikan kepada Warga Reviewed by Majalah Beko on 00.38.00 Rating: 5
All Rights Reserved by MAJALAH BEKO ©Dedicated for West Papuan Property of CV Media Beko

Hubungi Kami

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.