BREAKING NEWS

Berita

Ketua KPU Provinsi Papua Launching Pilkada Kabupaten Dogiyai 2017

Seusai launching, Ketua KPU Propinsi Papua, Adam Arisoi melakukan wawancara dengan sejumlah wartawan di Kantor KPUD Kab. Dogiyai, Kamis (30/06) (foto: YD/Beko).
Dogiyai, Majalah Beko - - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Papua, Adam Arisoi melakukan launching pemilihan kepala daerah (pilkada) Kabupaten Dogiyai di Kantor KPUD Dogiyai, Kamis (30/06) siang.

Dalam launching ini, Adam mengatakan, KPU Kabupaten Dogiyai siap mendukung pemerintah daerah dan partai politik yang akan mengikuti Pilkada 2017.

Selain launching, Adam mengatakan, dana sebesar 52 miliar telah dicairkan KPU Provinsi dalam menyukseskan Pilkada 2017.

Dengan adanya pemberian dana untuk pilkada yang sebesar 52 miliar, yang dibagi dalam percairan dua kali, yang pertama kali 28 miliar. Dana sisanya akan digunakan dalam pilkada, seperti pengrekrutan PPD, dan lain-lain,” kata Adam seusai launching kepada wartawan.

Demi keterbukaan informasi pilkada, kata Adam, KPU Kabupaten akan melakukan beberapa teknik, di antaranya sosialisasi publik.

“KPU Kabupaten akan lakukan sosialisasi dan seleksi guna menyelenggarakan pilkada. Penyelenggaraan pilkada tahun ini harus ada keterbukaan informasi bagi publik yang tidak sama dengan pilkada sebelumnya. Siapa saja yang akan membutuhkan data yang berkaitan dengan pilkada untuk pengelola informasi publik atau PTID kepada semua pihak,” ungkapnya.

Dikatakan Adam lebih lanjut, pilkada sekarang berbeda dengan tahun sebelumnya, karena sudah ada PTID oleh masyarakat yang menilai kinerja KPU dan akan digelar secara serentak di 101 kabupaten dan kota se-Indonesia.

Selain itu, demi mewujudkan pilkada yang jujur, adil dan professional, Adam meminta KPU dan seluruh lapisan masyarakat Dogiyai memberikan kontribusi positif.

Mestinya kita tahu bahwa pilkada di Papua banyak tumpahan darah dan korban nyawa manusia. KPU kerjanya harus jujur supaya pilkada berjalan dengan aman. Bila tidak jujur, maka akan menimbulkan sebuah masalah dalam pilkada. Dia yang menjalani proses pilkada juga. Sehingga, kita tahu bahwa siapa yang akan terpilih menjadi Bupati Dogiyai adalah pemimpin kita. Oleh sebab itu, masyarakat, pemerintah, tokoh adat, dan LSM harus tahu diri untuk pilkada guna menentukan pemimpin Dogiyai,” pintanya.

Dikatakan Adam lagi, pilkada 2017 ditanggung jawab KPU RI dan diberikan wewenang kepada KPU Provinsi untuk memantau tahapan pilkada di tingkat kabupaten dan kota.

Sementara, di kesempatan yang sama, Ketua KPU Dogiyai, Matias Butu mengatakan, KPU Dogiyai akan menjalankan pilkada 2017 sesuai aturan KPU Provinsi dan RI.

“Kami, KPU Dogiyai tidak bekerja sendiri dan untuk KPU Kabupaten dan Kota tidak bisa lepas dari aturan KPU RI dan KPU Provinsi. Kami, KPU Dogiyai siap jalankan tahapan sesuai visi Pilkada Bupati dan Wakil Bupati, harus jujur, adil dan berintegritas di rumah demokrasi ini,” ungkapnya.

(YD)
Ketua KPU Provinsi Papua Launching Pilkada Kabupaten Dogiyai 2017 Reviewed by Majalah Beko on 20.44.00 Rating: 5
All Rights Reserved by Majalah Beko ǀ Situs Berita Online Papua ©Dedicated for West Papuan Property of CV Media Beko

Hubungi Kami

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.