Breaking News

Berita

Didimus Tebai Minta Perindagkop Dogiyai Bina Masyarakat Kelola Kopi P5

Penyelenggaraan Pembinaan UMKM se-Kabupaten Dogiyai Tahun 2016 di Aula Pemda Dogiyai, Rabu (07/09). Foto: YD/Beko. 
Dogiyai, Majalah Beko - - Ketua Yayasan P5 Kopi Arabika Moanemani, Ir. Didimus Tebai meminta Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi (Perindagkop) Kabupaten Dogiyai membina masyarakat setempat untuk mengelola Kopi P5.

“Dinas terkait di Kabupaten Dogiyai harus melatih kepada masyarakat supaya bisa taman kopi, memelihara dan hingga panen. Kami, masyarakat di sini membutuhkan penanaman kopi, karena orang banyak belum pahami pemasaran. Pasalnya, masyarakat sedang tidak tahu dengan kopi. Jadi, dinas terkait perlu adakan pelatihan dan pembinaan seperti saat ini,” pintanya dalam Peyelenggaraan Pembinaan UMKM se-Kabupaten Dogiyai Tahun 2016 oleh Perindagkop di Aula Pemda Dogiyai, Rabu (07/09).

Menurut Tebai, hal tersebut perlu dilakukan Perindagkop Dogiyai karena banyak masyarakat yang belum memahami pengelolaan kopi yang baik.

“Dikatakan demikian, sebab, banyak masyarakat belum pahami pengolahan kebun kopi, perawatan hingga menghasilkan kopi yang kualitasnya baik, karena dalam penjualan Kopi P5, banyak masyarakat sudah tahu hasilnya, kualitasnya baik,” ungkapnya.

Selain dukungan Perindagkop, Tebai mengharapkan kaum pemuda untuk mengikuti langkahnya itu.

“Sekarang yang datang jual kopi dan usaha kopi adalah orang tua yang  berkulit hitam dan kumis putih, dan ke depan harus orang muda yang meningkatkan. Orang muda juga harus pahlawan di bidang kopi,” harapnya.

Tebai juga menegaskan, pemasaran Kopi P5 sudah jelas.

“Orang katakan, sementara ini tidak ada pemasaran, itu tidak benar, sebab sebelumnya, kami (Yayasan P5 Kopi Arabika Moanemani, red.) ada bekerja sama dengan instansi terkait untuk pemasaran dan itu sudah jelas,” tegasnya.

Sementara, di kesempatan sama, Kepala Dinas Perindagkop Dogiyai, Andreas Gobai mengatakan, pihaknya siap memfasilitasi pemasaran Kopi P5.

"Kami, pemerintah, khususnya Disperindagkop lebih fokus melakukan promosi unggulan kopi. Sebab, tugas kami hanya sebatas memfasilitasi untuk pemasarannya," katanya.

Kepada masyarakat Dogiyai, Gobai meminta untuk lebih mandiri lagi di bidang UKM (Usaha Kecil dan Menengah) dengan mengangkat potensi unggulan yang ada di Dogiyai.

Selain itu, dirinya meminta petani Kopi P5 untuk kembali ke kebun masing-masing dan mengelola Kopi P5 sebaik mungkin.

(YD/Beko)
Didimus Tebai Minta Perindagkop Dogiyai Bina Masyarakat Kelola Kopi P5 Reviewed by Majalah Beko on 22.30.00 Rating: 5
All Rights Reserved by MAJALAH BEKO ©Dedicated for West Papuan Property of CV Media Beko

Hubungi Kami

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.