BREAKING NEWS

Berita

Ishak Surya: Mahasiswa Pegunungan Papua Harus Banyak Membaca Buku

Pdt. Ishak Surya, Ph.D dalam Seminar Pendidikan dan Penerimaan Mahasiswa Baru Ikatan Pelajar dan Mahasiswa Puncak Jaya (Ipmapuja) se-Jawa Timur, pada Jumat (09/09) lalu di Villa Shaloom, Kecamatan Oro-Oro Ombo, Kota Batu, Malang. Foto: NE/Beko.
Malang, Majalah Beko - - Seorang dosen Surya Institut Tanggerang,  Pdt. Ishak Surya, Ph.D menilai, sebagian besar mahasiswa asal Pegunungan Papua lamban dalam menerima materi yang disampaikan dosen.

Menurut Pdt. Ishak, hal tersebut terjadi akibat kurangnya perbendaharaan kata dalam berkomunikasi.

“Sebagian besar mahasiswa yang berasal dari daerah Pegunungan Papua lamban dalam memahami materi yang disampaikan dosen. Hal ini bukan karena mereka bodoh, namun karena mereka kurang dalam perbendaharaan  kata. Sehingga, saat kuliah susah sekali mengerti,” katanya dalam materi Seminar Pendidikan dan Penerimaan Mahasiswa Baru Ikatan Pelajar dan Mahasiswa Puncak Jaya (Ipmapuja) se-Jawa Timur, pada Jumat (09/09) lalu di Villa Shaloom, Kecamatan Oro-Oro Ombo, Kota Batu, Malang.

Untuk mengantisipasi hal itu, Pdt. Ishak mengajak mahasiswa Pegunungan Papua untuk memperbanyak membaca buku.

“Kalian (mahasiswa Pegunungan Papua, red.) harus menambah perbendaharaan kata melalui membaca banyak buku,” ajaknya.

Bukan itu saja, dirinya juga menilai, dunia pendidikan saat ini payah akibat perkembangan teknologi yang pesat, sehingga kebanyakan mahasiswa mengandalkan Google.

“Dunia pendidikan saat ini payah, karena sebagian besar mahasiswa menjiplak karya-karya dalam tugas-tugas perkuliahannya. Hal ini akibat dari perkembangan teknologi yang pesat, sehingga semua informasi didapat dengan mudah,” katanya dalam seminar yang berlangsung tiga hari Jumat (09/09) sampai Minggu (11/09) itu.

Sementara, menurut informasi yang didapat Majalah Beko terkait seminar ini, Ketua Panitia, Yokison Karoba, mengatakan sebanyak 31 mahasiswa baru angkatan 2016 maupun 2015 asal Kabupaten Puncak Jaya yang tersebar di seluruh Jawa Timur mengikuti seminar ini.

Menurut Yokison, seminar ini digelar untuk mempererat hubungan kekeluargaan dan kekompakan mahasiswa Puncak Jaya selama berkuliah di pulau Jawa demi membangun Puncak Jaya ke depannya.

Pantauan media ini, seminar dengan tema “Langkah Awal Mempersiapkan Generasi Puncak Jaya” yang diselenggarakan Ipmapuja Korwil Malang dan Surabaya ini berlangsung aman dan lancar.

(NE)
Ishak Surya: Mahasiswa Pegunungan Papua Harus Banyak Membaca Buku Reviewed by Majalah Beko on 19.05.00 Rating: 5
All Rights Reserved by Majalah Beko ǀ Situs Berita Online Papua ©Dedicated for West Papuan Property of CV Media Beko

Hubungi Kami

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.