BREAKING NEWS

Berita

6 Fakta Tentang Papua yang Mungkin Anda Belum Ketahui

Oleh Neson Elabi
Pulau Papua - Google (ist.)
Jika mendengar kata Papua, mungkin bagi sebagian orang awam akan mengkaitkan Papua dengan Persipura Jayapura, Papua dengan alam Raja Ampat yang indah atau mereka akan identikan Papua dengan orang-orang yang berambut keriting dan berkulit hitam; ya, itu tidak salah. Namun di sini, penulis ingin jelaskan 6 fakta tentang Papua dari sudut berbeda yang mungkin Anda belum ketahui. Apa saja fakta-fakta tersebut? Berikut ulasannya.

1. Perbandingan Terbalik antara Kekayaan SDA dan Kesejahteraan Rakyat Asli Papua

Ketika mendengar nama  Papua, orang awam akan mengatakan, Papua itu kaya ya...? Orang Papua itu  banyak uang dan emas ya…?Sebenarnya, tidak salah juga sih. Papua itu memang kaya. Kaya akan sumber daya alam, keindahan laut, dan gunungnya.
Ilustrasi miskin di atas kekayaannya sendiri Google (ist.)

Dari data yang dirilis oleh finance.detik.com, perusahaan raksasa dunia, PT Freeport  dalam satu hari  menghasilkan sekitar 114 miliar rupiah hanya dari hasil emas dan tembaga, dalam 1 bulan, sekitar 3.534 triliun rupiah. Itu dari 1 perusahaan saja, belum hasil dari sumber daya alam yang lain. Bagaimana Papua tidak kaya?

Namun sayangnya, jumlah di atas hanya diketahui oleh orang-orang elit Indonesia. Masyarakat Papua tetap miskin dan hanya mendapatkan ampas selama puluhan tahun. Rakyat bagaikan tamu di rumahnya sendiri. Sampai sekarang, masyarakat tetap jauh dari yang namanya sejahtera. Sampai kapan ini akan berjalan? Mungkin hanya Tuhan yang mengetahuinya.

2. Jangan Heran Jika Transportasi Utamanya Pesawat Terbang

Jika Anda takut ketinggian, sebaiknya Anda  berpikir  dahulu jika ingin berkunjung ke Pulau Cenderawasih, karena  sebagian besar transportasi di Papua menggunakan pesawat terbang.
Kondisi penerbangan di Papua Ist.
Pesawat terbang yang dimaksud bukanlah seperti Garuda Indonesia, Lion Air yang nyaman dan tidak bergoyang. Di pedalaman Papua, masyarakat hanya mengenal pesawat Susi Air, Ama, Trigana, MAF, Cesna, Tariku, dan Trigana. Pesawat-pesawat inilah yang beroperasi di pedalaman Papua. Lebih ngerinya lagi, terbangnya pesawat pun tidak terlalu tinggi, hanya ratusan meter dari permukaan tanah. Bahkan, Anda bisa melihat rumah-rumah perkampungan atau masyarakat yang sedang berkebun dengan jelas dari atas pesawat.

Pesawat menjadi sarana transpotasi utama masyarakat dalam perjalanan antara kabupaten, bahkan antar kecamatan, karena jika menggunakan jalan darat, Anda harus berhari-hari perjalanan, bahkan minggu (hanya untuk dari kabupaten ke kabupaten lain). Sehingga, pesawat menjadi utama, bukan karena masyarakatnya kaya atau banyak uang, namun terpaksa harus menggunakan itu, karena hanya itu yang ada. 

3. Tahukah Anda, di mana Suku dan Bahasa Lokal Terbanyak di Indonesia?

Tahukah Anda, berapa suku dan bahasa yang terdapat di pulau paling Timur Indonesia ini? Apakah di Papua sama dengan Pulau Jawa, di mana satu bahasa bisa dapat digunakan di seluruh kota di Pulau Jawa. Berbeda dengan Papua. Setiap suku di Papua hampir mempunyai bahasa lokal sendiri-sendiri. Sesuai laman yang dilansir dalam www.languagesgulper.com, menyebutkan, Papua memiliki  270  bahasa asli. Jumlah ini adalah jumlah bahasa daerah terbanyak kedua dunia,  setelah PNG yang memiliki hampir  800  bahasa  lokal. Bayangkan begitu kayanya budaya Papua.
Ilustrasi suku dan budaya Papua Ist.
Namun sayangnya, beberapa  bahasa mulai menuju ambang kepunahan karena  kurangnya penutur  atau karena tidak adanya regenerasi budaya.

4. Tahukah Anda, di mana Kabupaten Terluas dan Terkecil di Papua?

Kalau kita ditanya, di manakah pulau terbesar di Indonesia? Dengan spontan kita akan  menjawab Papua, Kalimantan atau Sumatera. Namun, apakah  kita  juga bisa menjawab dengan spontan ketika ditanya berapa  jumlah kabupaten di Papua saat ini? Di manakah kabupaten dengan luas terbesar atau terkecil?
Peta Pembagian Administrasi Kabupaten di Papua Ist.
Mungkin hanya segelintir orang yang bisa menjawab dengan benar, namun sebagian besar OAP (orang asli Papua)  juga belum banyak yang tahu hal ini. Padahal, hal-hal seperti ini wajib kita tahu, apalagi sebagai generasi penerus Papua.

Saat ini, Papua  dibagi dalam 28 wilayah kabupaten dan 1 kota (Jayapura). Kabupaten dengan luas terbesar di Merauke dengan luas wilayah 47.406,90 km2  atau 14,98 % dari luas total. Sedangkan, kabupaten dengan luas wilayah terkecil terdapat di Supiori dengan luas wilayah 634,24 kmatau hanya 0,20 %. Untuk Papua Barat, kabupaten terluas terdapat di Teluk Bintuni dengan luas 20.840,83 km2, luas terkecil di Pengunungn Arfak dengan luas 2.773,74 km2 dari  12 kabupaten dan 1 kota (Sorong).

5. Pernakah Anda Berjumpa dengan Pengemis Jalanan  di Papua?

Saat pertama kali Anda merantau dari kampungmu atau desamu ke kota-kota besar, pasti Anda pernah terkagum-kagum, entah itu karena bangunan-bangunan yang menjulang tinggi atau karena berbagai macam sarana transportasi yang wow.

Namun, hal lain yang membuatmu wow dan kaget  adalah  ketika pertama kali Anda berjumpa dengan penyanyi-penyanyi  jalanan di dalam bus kota, atau ketika Anda bertemu dengan pengemis di setiap sudut-sudut kota besar. Kondisi ini jarang Anda temui di Pulau Cenderawasih. Orang Papua tidak ada yang tukang minta-minta, apalagi di tempat-tempat umum, karena bagi  mereka harga diri lebih penting dan tidak dibeli dengan uang.

6. Pelajaran Geografi yang Tidak Masuk Logika

Mungkin Anda masih ingat saat duduk di bangku SD saat guru jelaskan bagian nama-nama sungai, nama-nama gunung atau nama-nama danau. Pasti yang dijelaskan atau yang dicontohkan  guru adalah gunung-gunung dan sungai  yang ada di luar Papua, seperti Sungai Berantas, Danau Toba, Gunung Bromo, Gunung Arjuna dan sebagainya.  Kenapa saat itu tidak ada nama Gunung Salju Abadi (Kartenz), Sungai Mamberamo, Sungai Digul, Danau Sentani, atau Danau Paniai, dan lain sebagainya dalam pelajaran SD? Mungkin ini yang membuat anak-anak lebih banyak tahu nama-nama sungai, gunung dan danau yang ada di pelajaran daripada yang ada di daerahnya sendiri.

Itulah beberapa fakta-fakta unik yang ada di Bumi Cenderawasih. Mungkin Anda belum mengetahui 6 fakta yang penulis uraikan itu. Semoga artikel ini bermanfaat bagi pembaca sekalian.

*) Penulis adalah Mahasiswa Papua di Malang
6 Fakta Tentang Papua yang Mungkin Anda Belum Ketahui Reviewed by Majalah Beko on 00.01.00 Rating: 5
All Rights Reserved by Majalah Beko ǀ Situs Berita Online Papua ©Dedicated for West Papuan Property of CV Media Beko

Hubungi Kami

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.