Breaking News

Berita

DPRD dan Dinas P & K Dogiyai Diminta Segera Lunasi Dana Studi Akhir dan Pemondokan

Mahasiswa Dogiyai di Kontrakan Dogiyai I Amban, Manokwari - AP/Beko
MANOKWARI, MAJALAH BEKO - - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) berserta Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (P & K) Kabupaten Dogiyai diminta segera melunasi dana studi akhir dan pemondokan mahasiswa asal Dogiyai di Manokwari.

Ketua Koordinator Wilayah (Korwil) Dogiyai, Seniales Adii mengatakan, dana studi akhir dan pemondokan yang dibagikan tim pembagi pada Senin (10/10) lalu tidak mencukupi aspirasi dan data base mahasiswa.

Menurut Seniales, porsi dana pendidikan tahun ini di Manokwari (seharusnya) sebesar 517 juta, namun tim pembagi hanya membagikan dana sebesar 229 juta untuk pembayaran kontrakan dan studi akhir.

“Kami dari kota studi Manokwari, ada beberapa poin yang kami naikan. Yang pertama, ketiga kontrakan. Poin yang kedua, 44 mahasiswa sisa yang belum dapat. Dijumlahkan uang sebesar 288 juta,” ungkapnya didampingi beberapa anggota kepada wartawan Majalah Beko dalam jumpa pers, Senin (24/10) malam di Kontrakan Dogiyai I Amban, Manokwari.

Menyikapi hal itu, tambah Seniales, pihaknya telah membuat surat pernyataan sikap yang ditandatangani di atas materai 6000 bersama perwakilan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Dogiyai, Martinus Iyowau sebelum membagikan dana pendidikan tersebut di Kontrakan Dogiyai I Amban.

Surat Pernyataan Sikap Mahasiswa Dogiyai di Manokwari - AP/Beko

Dikatakan Seniales lagi, mahasiswa masih menunggu reaksi atau realisasi Pemkab Dogiyai hingga penutupan buku APBD 2016.

“Kami masih tuntut kepada Pemerintah Kabupaten Dogiyai, lebih khususnya Dinas P dan K untuk segera dilunasi, sesuai surat pernyataan tuntutan tersebut harus dijawab ,” katanya.

Untuk merealisasikan tuntutan tersebut, Dewan Penasehat Organisasi (DPO) Korwil Dogiyai, Fredi Tagii meminta Komisi B DPRD Dogiyai segera mengakomodirkan dana sisa dalam Sidang Anggaran Belanja Tambahan (ABT).

“Kami meminta dengan hormat kepada Pemerintah Dogiyai, dalam hal ini lembaga legislatif, yaitu kepada Ketua Komisi B, tolong, dana-dana yang masih tersisa 288 juta ini tolong diakomodirkan pada saat Sidang ABT, supaya ini tidak mengundang masalah di Kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Dogiyai,” pinta Fredi di kesempatan yang sama.

Hal ini disampaikan Fredi, karena menurut dia, semua masalah pemerintahan, khususnya pendidikan Dogiyai terjadi akibat ketidakseriusan DPRD dalam menjalankan amanah dengan baik dan benar.

“Karena atas kesalahan dari DPRD, sehingga selalu terjadi masalah-masalah. Sebenarnya, yang mengundang masalah di Kabupaten Dogiyai itu bukan dari SKPD masing-masing, terutama dan utama adalah lembaga legislatif, karena tidak jalankan tugas dan fungsinya masing-masing, tidak jalankan tugas dan tanggung jawab DPR, sehingga selalu terjadi masalah setiap tahun, baik itu uang pemondokan, maupun dana studi akhir,” ungkapnya.

Ditambahkan Fredi, apabila tuntutan mahasiswa tidak diakomodir, mahasiswa siap turun aksi di Kantor DPRD seperti tahun sebelumnya.

“Kalau ini lagi tidak disahkan pada Sidang ABT, maka kami, mahasiswa Dogiyai asal Manokwari akan datang duduk kembali di Kantor Dewan Perwakilan Rakyat Derah lagi,” tutup Fredi dengan tegas.

(AP)
DPRD dan Dinas P & K Dogiyai Diminta Segera Lunasi Dana Studi Akhir dan Pemondokan Reviewed by Majalah Beko on 22.52.00 Rating: 5
All Rights Reserved by MAJALAH BEKO ©Dedicated for West Papuan Property of CV Media Beko

Hubungi Kami

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.