Breaking News

Berita

FIM dan Ikmaka Manokwari Tuntut Pemkab Kaimana Segera Atasi Penyakit Tumor dan TBC

FIM dan Ikmaka Manokwari berpose bersama setelah interview bersama wartawan Majalah Beko, Kamis (20/10) di Asrama Katolik Vilanova, Amban, Manokwari – YG/Beko
Manokwari, Majalah Beko - - Forum Independen Mahasiswa (FIM) dan Ikatan Mahasiswa Kaimana (Ikmaka) menuntut Pemerintah Kabupaten (Pemkab) melalui Dinas Kesehatan Kaimana segera mengatasi tumor ganas dan TBC yang diidap warga Kampung Kensi, Distrik Kaimana, Kabupaten Kaimana belum lama ini.

“Kami meminta tegas kepada Pemerintah Provinsi Papua Barat dalam hal ini, Dinas Kesehatan Provinsi Papua Barat,  Dinas Kesehatan Kabupaten Kaimana memanggil ahli dokter bedah untuk menangani masyarakat kami yang terkena penyakit  tumor dan TBC  di Kampung Kensi, Distrik Kaimana, Kabupaten Kaimana,” tegas Ketua FIM Manokwari, Gerardus Tembut kepada Majalah Beko, Kamis (20/10) di Asrama Katolik Vilanova, Amban, Manokwari.

Tembut menegaskan hal ini sambil menanyakan kucuran dana Otonomi Khusus (Otsus) di bidang kesehatan bagi Orang Asli Papua (OAP).

Sekretaris FIM Manokwari, Arnold Halitopo juga menegaskan hal serupa di kesempatan yang sama.

“Kami menuntut kepada Dinas Kesehatan Kabupaten Kaimana dan Provinsi Papua Barat segera memberikan jaminan kesehatan dan melengkapi fasilitas serta penambahan tenaga medis di Kampung Kensi,” tegasnya.

Selain pemkab, Halitopo meminta PT Wanakayu Hasilindo yang beroperasi di sekitar TKP dan berbagai pihak terkait bertanggung jawab.

“PT Wanakayu Hasilindo bertanggung jawab atas pengorbanan rakyat di areal perusahaan. Elit politik Kabupaten Kaimana dan Provinsi Papua Barat, serta pemilik perusahaan stop menipu rakyat dan merampas kekayaan,” pintanya.

Halitopo mengatakan, FIM dan  Ikmaka Manokwari dengan tegas menolak pengobatan dari PT Wanakayu Hasilindo, selain Dinas Kesehatan Kaimana atau provinsi.

Berdasarkan informasi yang dihimpun media ini, aksi penggalangan dana sumbangan tersebut digelar secara serentak selama tiga hari terakhir ini oleh FIM Uncen di Jayapura dan FIM Unipa di Manokwari bersama mahasiswa asal Kaimana. Total dana yang terkumpul sebesar 18 juta 100 ribu rupiah.

Ketua Ikmaka Manokwari, Nano Kuri Tangaroa mengatakan, pihaknya akan menyerahkan sendiri dana tersebut ke TKP.

“Berdasarkan hasil diskusi dan keputusan, kami akan mengantar sendiri di Kaimana dengan dana sebesar 18 juta rupiah,” jelasnya.

Kepada pihak-pihak yang telah mengulurkan tangan, Tangaroa mengucapkan terima kasih.

“Kami ucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak yang membantu sumbangan sukarela untuk membantu masyarakat kami,” tuturnya.

(YG)
FIM dan Ikmaka Manokwari Tuntut Pemkab Kaimana Segera Atasi Penyakit Tumor dan TBC Reviewed by Majalah Beko on 21.22.00 Rating: 5
All Rights Reserved by MAJALAH BEKO ©Dedicated for West Papuan Property of CV Media Beko

Hubungi Kami

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.