Breaking News

Berita

Hipman Cup IV: Melanesia FC Berhasil Meraih Juara 1

Para pemain Melanesia FC dalam Turnamen Sepak Bola Hipman Cup ke IV di Lapangan Sepak Bola Kafleri Makassar - CD/Beko
MAKASSAR, MAJALAH BEKO - - Setelah mengalahkan Sipal FC pada Sabtu (29/10) di Lapangan Sepak Bola Kafleri Makassar, Melanesia FC berhasil meraih juara 1 dalam Turnamen Sepak Bola Hipman (Himpunan Pelajar Mahasiswa Alor NTT) Cup ke IV yang diselenggarakan selama tiga minggu.

Pertandingan partai final yang mempertemukan Melanesia FC dan Sipal FC ini berlangsung sengit dan diwarnai dengan meriahnya supporter kedua tim, misalnya mahasiswa Papua di Makassar untuk Melanesia FC.

Babak pertama berakhir dengan skor kaca mata alias 0-0. Kemudian babak kedua, Pelatih Malanesia FC, Jeck Paito Towolom, ST mengubah strategi penyerangan timnya. Awalnya, serangan dilancarkan melalui gelandang tengah, namun pada babak kedua, Jack meminta anak asuhnya menyerang melalui sayap.

Upaya ini membuahkan hasil pada menit ke-64. Penyerang depan Melanesia FC, Felix mendapatkan umpang silang dari sisi kanan dan berhasil menceploskan bola ke gawang Sipal FC. 

Skor 1-0 untuk Melanesia FC bertahan hingga pertandingan berakhir. Gol tunggal Felix berhasil membawa Melanesia FC meraih juara satu.

Sebelum bertanding, Kapten Malanesia FC, Yerry Manggaprouw sempat membangkitkan optimis rekan-rekannya.

“Ini terakhir, jadi kita main ngotot, habis-habis, percaya teman, pasti kita bisa,” ajak Yerry.

Pelatih pemain-pemain yang berasal dari mahasiswa Papua di kota studi Makassar, Jeck mengatakan, dirinya sangat puas karena tim asuhannya mampu mengalahkan sang juara bertahan pada Hipman Cup sebelumnya.

Menurut Jeck, kemenangan ini bukan karena kehebatan tim.

“Kemenangan ini bukan karena kehebatan, kemampuan kita, tetapi semuanya dari Yang Maha Kuasa, jadi kita patut syukuri dengan kemenangan ini,” ungkap Jeck.

Jeck mengaku, timnya tidak mendapat sponsor dari pihak manapun, kecuali dirinya sendiri.

“Selama berlangsungnya turnamen ini, tidak ada yang mensponsori kami, selain pelatih. Yang menjadi sponsor kami ialah semangat, persatuan dan pertolongan Tuhan, hingga akhirnya, kami dapat mengalahkan tim-tim yang ikut turnamen bola Hipman Cup ke IV. Kami sangat bangga, karena selama turnamen dapat berjalan dengan baik,” ungkapnya.

Kemenangan ini, tambah Jeck, memotivasi timnya untuk tampil di turnamen selanjutnya.

Kemenangan ini pun sebagai modal utama pada pertandingan yang akan datang," tandas Jeck.

Kemenangan berkat Tuhan juga disampaikan seorang pemain Melanesia FC, Ronald Resu.

Dalam turnamen ini, kami mendapatkan juara satu. Itu semua karena kami utamakan Tuhan. Kemenangan kami hingga mendapatkan juara satu bukan karena kebolehan kami. Tetapi, rencana Tuhan,” ungkap Ronald.

Seusai pertandingan, Panitia Penyelenggara Turnamen Sepak Bola Hipman Cup ke IV menyerahkan hadiah kepada para pemenang. Untuk Melanesia FC, panitia menyerahkan piala (bergilir) bercabang empat satu, piala bercabang satu, dan uang pembinaan sebesar 500 ribu.

Ketua Panitia Hipman Cup ke IV, Nasrum mengatakan, tujuan turnamen ini digelar untuk mempererat tali persaudaraan antara orang terbelakang di Republik Indonesia, seperti NTT, Maluku, dan Papua.

Oleh karena itu, Nasrum mengajak para simpatisan, termasuk tim-tim yang berlaga untuk menjaga solidaritas.

“Kita perlu menjaga solidaritas, kerja sama di rantauan. Piala bergilir ini, apabila teman-teman dari Papua adakan tahun depan, kita akan kerja sama untuk menyukseskan turnamen selanjutnya,” ajak Nasrum.

Seusai menerima hadiah, mahasiswa Papua berkumpul dan berdoa bersama. Setelah berdoa, mereka menutup dengan menyuarakan yel-yel “Malanesia Freedom”. Lalu, mereka menuju Kontrakan Tolikara untuk merayakan kemenangan mereka; makan bersama sekeluarga besar mahasiswa Papua yang terlibat dalam turnamen sepak bola Hipman Cup 2016.

(CD/Beko)
Hipman Cup IV: Melanesia FC Berhasil Meraih Juara 1 Reviewed by Majalah Beko on 23.29.00 Rating: 5
All Rights Reserved by MAJALAH BEKO ©Dedicated for West Papuan Property of CV Media Beko

Hubungi Kami

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.