Breaking News

Berita

Kosmas Keiya: Belajar dari Pengalaman Hidup

Kosmas Keiya saat berbincang-bincang bersama wartawan media ini di Asrama Putra Nabire, Padang Bulan, Selasa (18/10) pagi – FP/Beko.
Jayapura, Majalah Beko - - Seorang mahasiswa yang tergabung dalam IPPMA Yupiwo Jayapura, Kosmas Keiya mengatakan, belajar yang sebenarnya adalah belajar dari pengalaman hidup.

Kepada Majalah Beko, Selasa (18/10) pagi di Asrama Putra Nabire, Padang Bulan, Jayapura, Kosmas mengungkapkan beberapa pengalaman hidupnya selama bergumul di Ibu Kota Provinsi Papua.

Kosmas mengaku, dalam pergumulan hidup, dirinya mengalami cukup banyak masalah yang dijadikan sebagai pengalaman hidup, entah baik maupun tidak baik.

“Dalam hal hidup merantau di tanah orang, saya tetap punya prinsip, yakni untuk melanjutkan belajar dan pendidikan. Dari posisi SMK N 1 Yahukimo di Kabupaten Yahukimo, saya pernah sakit dua bulan, cukup lamanya. Saya maju terus,” ungkapnya.

Dikatakan Kosmas, setiap perjuangan yang dilaluinya adalah pengalaman dan membutuhkan komitmen, khususnya komitmen kepada Tuhan.

“Harus ada komitmen diri sendiri di dalam lubuk hati kecil. Di perguruan tinggi pun, saya jalan sesuai komitmen saya. Saya tetap melanjutkan karena pendidikan itu bukan untuk orang lain, tetapi saya berjuang demi untuk memuaskan dan melengkapi hidup ke depan saya. Walaupun berbagai hal yang saya akan menghadapi, tetapi hal ini sebagai salah satu katakan pengalaman saya. Karena itu saya komitmen bersama Tuhan. Tuhan selalu bersama saya di setiap langkah hidup saya, pada waktu studi pendidikan sampai selesai” katanya.

Dikatakan Kosmas lagi, salah satu komitmen yang digenggamnya adalah belajar di kampus dan di luar kampus.

“Saya punya pemikiran dan berupaya bahwa pendidikan itu bukan kampus saja itu, tidak. Tetapi, saya juga harus gabung diri dalam organisasi di ikatan lokal, seperti IPPMA Yupiwo di Jayapura,” katanya.

Berdasarkan hal itu, Kosmas pernah menjadi Sekretaris Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru (Maba) IPPMA Yupiwo Jayapura tahun 2013/2014.

“Saya berusaha akan kembangkan dan menambah wawasan yang berkualitas tinggi dalam organisasi. Saya pernah terpilih sebagai sekretaris perkenalan maba dan mahasiswa lama pada tahun 2013/2014. Dalam melaksanakan kegiatan perkenalan ini, banyak hal kita sudah lakukan,” ungkapnya.

Menurut dia, kunci utama dari semua itu adalah Tuhan.

“Ketika hidup kita sandar kepada Tuhan, pasti Dia akan buka jalan sesuai tujuan kita,” pungkasnya.


(FP/Beko)
Kosmas Keiya: Belajar dari Pengalaman Hidup Reviewed by Majalah Beko on 17.07.00 Rating: 5
All Rights Reserved by MAJALAH BEKO ©Dedicated for West Papuan Property of CV Media Beko

Hubungi Kami

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.