BREAKING NEWS

Berita

Satu Harapan Satu Tujuan

Oleh Matan Pakage
Penulis - Dok. penulis
Banyak jalan menuju Roma. Kata ini sering kali kita jumpai dalam pepatah. Penjelasannya, ada banyak kemungkinan dan cara untuk mencapai target atau tujuan kita. Jangan pernah menyerah jika kegagalan menghampiri dalam kehidupan.

Jelaslah target kita. Dan, kita dapat melakukan perjalanan dengan tujuan yang kita harapkan. Tanpa tujuan, harapan kita berjalan sia-sia, tidak tentu arahnya akan ke mana.

Berjalan dengan tujuan adalah hal mutlak yang harus kita lakukan, dalam perusahan, organisasi, pemerintah, bahkan kehidupan pribadi, menetapkan tujuan agar mampu menentukan jalan untuk menjalaninya.

Pernah kita menyaksikan gelanggang maraton? Akan berlari ke manakah para pelari jika mereka tidak mengetahui garis akhir mereka? Atau adakah perusahan yang berhasil tanpa menentukan terlebih dahulu target pencapaian mereka setiap tahun?

Tanpa tujuan, perusahaan, organisasi, pemerintah, ataupun kehidupan pribadi kita tidak akan pernah berjalan dengan baik.

Kita dapat memikirkan seribu kemungkinan tujuan untuk mencapainya tujuan dan harapan tersebut.

Mari bergandeng tangan dalam satu wadah untuk mewujudkan tujuan yang hendak kita capai, dengan tali persaudaraan yang erat, membangun komunikasi yang efisiensi. Merajut tali solidaritas, baik itu dalam pemerintah, organisasi, perusahaan, serta kepribadian; menjunjung tinggi nilai kesamaan dan kesatuan dalam hidup.

Apa Itu Tujuan? Apa Itu Harapan?

Sering kali pertanyaan itu muncul dalam pemikiran saya.

TUJUAN: Tujuan itu arah, penunjuk, kompas, penentu, realisasi. Tujuan adalah penjabaran visi dan misi, dan merupakan hal yang akan dicapai atau dihasilkan oleh organisasi/perusahaan. Tujuan usaha berupa target yang bersifat kuantitatif dan merupakan pencapaian ukuran keberhasilan kinerja perusahaan. Dalam merumuskan tujuan, harus bersikap, yaitu timely, atau spesifik/khusus, bisa diukur, memiliki orientasi pada tindakan, realistis, serta ada jelas penentuan waktu.

HARAPAN: Harapan dalam kehidupan manusia merupakan cita-cita; keinginan, penantian, kerinduan supaya sesuatu itu terjadi. Dalam menantikannya, adanya sesuatu yang terjadi dan harapan; manusia melibatkan manusia lain atau kekuatan lain di luar dirinya supaya sesuatu terjadi, selain hasil usahanya yang telah dilakukan dan tunggu hasilnya. Jadi, harapan itu adalah jerih payah dirinya dan batuan kekuatan lain.

Dari uraian di atas ini, dapat disimpulkan bahwa semua orang yang hidup, pastinya punya keinginan, impian dan juga harapan, dan salah satunya adalah bahagia di masa depan. Melalui impian dan harapan inilah kemudian mereka membangun tujuan hidup mereka, dari mulai bekerja keras, menuntut ilmu melalui pendidikan yang tinggi, mencari pekerjaan dengan penghasilan cukup, serta melakoni berbagai jenis usaha dan kegiatan yang dianggap tepat untuk menjembatangi impian mereka.

*) Penulis Kuliah di Universitas Negeri Semarang, Jurusan Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer
Satu Harapan Satu Tujuan Reviewed by Majalah Beko on 18.23.00 Rating: 5
All Rights Reserved by Majalah Beko ǀ Situs Berita Online Papua ©Dedicated for West Papuan Property of CV Media Beko

Hubungi Kami

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.