Breaking News

Berita

Kampung Wauyai Butuh Perhatian Khusus Pemkab Raja Ampat

Tua adat Wauyai, Martin Dawa (kanan) bersama warga kampung Wauyai, Demi (kiri) (Fecky W. Mobalen/Beko)
RAJA AMPAT, MAJALAHBEKO.COM - - Kampung Wauyai membutuhkan perhatian khusus Pemerintah Kabupaten Raja Ampat.

Seorang tua adat Wauyai, Martin Dawa, ketika ditemui wartawan Majalah Beko belum lama ini di Kampung Wauyai menyampaikan persoalan-persoalan yang terjadi di kampungnya.

Pemegang situs sejarah kampung yang terletak di Distrik Waigeo Selatan itu mengaku, pembangunan perumahan warga yang dijanjikan Pemkab Raja Ampat sebelumnya belum merata.

“Sebenarnya, masyarakat sudah dapat rumah bantuan. Tapi, kemudian, pemerintah pindahkan mereka ke ujung kampung dengan catatan setelah dibangun kampung wisata. Pemerintah bilang, masyarakat akan dibangun rumahnya, tapi sampai sekarang, ada yang sudah dibangun, ada yang belum dibangun,” kata Martin.

Di sisi pelayanan kesehatan, Martin mengungkapkan, masih sangat minim dan kurang efektif. Pasalnya, petugas kesehatan tidak menetap di kampung.

“Untuk pelayanan kesehatan di kampung ini sangat buruk. Mereka datang satu hari, libur satu bulan. Kami senang kalau mereka tugas dengan baik, tinggal di Kampung Wauyai,” ungkapnya.

Selain perumahan warga dan kesehatan, Martin membeberkan soal sarana dan prasarana pendidikan yang kurang memadai.

“Masalah pendidikan untuk kami punya anak-anak ini harus Pemerintah Raja Ampat perhatikan. Pemerintah harus bangun bangunan sekolah yang baik. Pemerintah harus perhatikan alat-alat sekolah supaya anak-anak sekolah dengan baik,” kata Martin.

Di tempat sama, seorang warga kampung, Demi, menyesalkan kinerja Pemkab Raja Ampat.

Menurut Demi, pemerintah hanya mengutamakan sumber daya alam (SDA) Raja Ampat.

“Pemerintah Kabupaten Raja Ampat hanya utamakan alamnya saja. Manusianya mereka tidak perhatikan. Kami sangat kecewa dengan perlakuan seperti ini,” ungkapnya.

Demi pemerataan pembangunan sumber daya manusia (SDM) dan SDA, dirinya berharap, Pemkab Raja Ampat memberikan perhatian khusus kepada masyarakat dengan memprioritaskan pembangunan di bidang kesehatan, pendidikan, dan infrasturktur lainnya.

PEWARTA : FECKY WILZSON MOBALEN
Kampung Wauyai Butuh Perhatian Khusus Pemkab Raja Ampat Reviewed by Majalah Beko on 01.19.00 Rating: 5
All Rights Reserved by MAJALAH BEKO ©Dedicated for West Papuan Property of CV Media Beko

Hubungi Kami

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.