Breaking News

Berita

Pemkab Sorong Diharapkan Segera Bangun Pasar Permanen Mama-mama Papua di Aimas

Mama-mama Papua di Aimas berjualan beralaskan karung (Emiliano Kejora Yumte)
MALANG, MAJALAHBEKO.COM - - Pemerintah Kabupaten Sorong diharapkan segera membangun pasar permanen, khusus untuk mama-mama Papua di Distrik Aimas.

“Saya berharap agar Pemerintah Kabupaten Sorong segera membangun pasar khusus untuk mama-mama Papua,”
tulis seorang aktivis jalanan di Sorong, Emiliano Kejora Yumte kepada wartawan Majalah Beko melalui Facebook Messager belum lama ini.

Hal ini diungkapkan Emiliano menanggapi tempat jualan mama-mama Papua yang masih berjualan beralaskan karung di pinggiran jalan raya.

“Mama-mama asli banyak yang jualan di jalanan. Mereka berjualan seperti biasa, alas karung di atas tanah. Kami sangat sedih dengan kondisi seperti ini,” beber Emilianto.

Selain pasar yang layak, Emiliano berharap, mama-mama Papua perlu mendapat pelatihan khusus tentang perekonomian dan cara berdagang yang baik dari pemerintah setempat.

Menurut Emiliano, hal tersebut perlu dilakukan demi perekonomian mama-mama Papua yang baik dan mandiri.

Pemerintah juga harus mendampingi mama-mama dalam hal pengembangan ekonomi, baik pengelolahan pasar maupun toko dan kios,” tulis Emiliano.

Selain itu, Emiliano mengaku, kaum mahasiswa dan pemuda Sorong menilai, hak ekonomi mama-mama Papua didiskriminasi Pemkab Sorong dengan mengutamakan pedagang non Papua.

“Mahasiswa dan pemuda Sorong menilai mama-mama Papua terdiskriminasi kerena pasar untuk mama-mama Papua banyak ditempati oleh pedagang pendatang yang dari Jawa, Makassar, dan lain-lain. Mama-mama asli Papua mulai tersingkir,” tutup Emiliano.

Seorang mahasiswa asal Sorong, Yoel Saba membenarkan pengakuan Emiliano.

“Saya sangat mendukung itu karena sekarang banyak pendatang ke Sorong. Mama-mama Papua mulai kehilangan tempat jualan di sana dan kami mahasiswa Sorong harap, Pemkab Sorong segera melihat keadaan pasar Aimas dan mama-mama Papua yang jualan di sana,” kata mahasiswa ITN Malang itu kepada wartawan media ini, Rabu (19/04).

PEWARTA : ALFRED PEKEI
Pemkab Sorong Diharapkan Segera Bangun Pasar Permanen Mama-mama Papua di Aimas Reviewed by Majalah Beko on 22.34.00 Rating: 5
All Rights Reserved by MAJALAH BEKO ©Dedicated for West Papuan Property of CV Media Beko

Hubungi Kami

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.