Breaking News

Berita

Empat Aktivis KNPB Konsulat Masih Menjalani Tahanan Luar Wajib Lapor

Ratusan massa aksi ditahan di Polda Sulut (Chelsi Kambu)
Manado, MAJALAH BEKO - - Empat aktivis KNPB Konsulat yang ditangkap pada aksi menolak Trikora 19 Desember tahun lalu masih berstatus tahanan luar yang harus wajib lapor dua minggu sekali.

Keempat aktivis itu adalah Hiskia Meage (Ketua KNPB Konsulat Indonesia), Eman Ukago (Ketua KNPB Konsulat Gorontalo), William Wim dan Panus Hesegem (anggota KNPB Konsulat). Keempat aktivis tersebut dikenakan pasal makar dari 86 orang yang ditangkap massal oleh pihak Polisi Resort Kota (Polresta) Manado pada aksi 19 Desember tersebut dan dikarantinakan selama dua bulan sepuluh hari.

“Kami empat orang termasuk ketua KNPB Konsulat dikenakan pasal makar oleh pihak Polresta dan dikurung dalam sel selama dua bulan sepuluh hari”, jelas Eman Ukago saat ditemui majalahbeko.com baru-baru ini.


Ia mengatakan, pada tanggal 23 Januari lalu mereka disidangkan, namun pihak penyidik tidak hadir (mangkir) dari sidang tersebut. Akhirnya, sidang ditunda. Pada tanggal 28 Januari kembali disidangkan, namun pihak penyidik atau kepolisian tidak hadir juga, sehingga Pengadilan Negeri Manado memutuskan untuk melapor ke pihak Polresta Manado.

Dari Polresta, mereka ditetapkan sebagai tahanan luar dan wajib lapor dua minggu sekali dalam jangka waktu yang tak ditentukan.

”Kami disidangkan pada tanggal 23, tapi penidik tidak hadir dan sidang tunda. Tanggal 28 sama lagi. Akhirnya, Pengadilan suruh kami kembali lapor ke Polresta. Di sana, kami ditetapkan sebagai tahanan luar dan lapor dua minggu sekali. Tidak tahu, kami harus lapor itu sampai kapan karena belum ada informasi yang jelas sampai saat ini,” ungkap Ukago. (Yohanes Iyai)
Empat Aktivis KNPB Konsulat Masih Menjalani Tahanan Luar Wajib Lapor Reviewed by Majalah Beko on 14.41.00 Rating: 5
All Rights Reserved by MAJALAH BEKO ©Dedicated for West Papuan Property of CV Media Beko

Hubungi Kami

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.