Breaking News

Berita

Hari Ini, Raicab Deiyai ke I Tahun 2017 Resmi Ditutup

Kwartir Cabang 26-26 Deiyai dalam pembukaan Raicab Deiyai ke I (YM)
Deiyai, MAJALAH BEKO - - Hari ini, Senin (01/05/2017), kegiatan Raimuna Cabang (Raicab) Deiyai ke I tahun 2017 resmi ditutup.

Hal ini diungkapkan Sekretaris Dewan Kerja Cabang (Sek-DKC), Klemens Madai. Ia mengatakan, Raicab ke I Tahun 2017 akan ditutup hari ini sesuai schedule.

“Pada tanggal 1 Mei 2017 pukul 19.00 sampai 21.00 WIT, akan dilaksanakan pelantikan tanda pangkat tingkat Bantara, Laksana, dan Pandega Kwarcab 26-26 Kabupaten Deiyai oleh panitia, dan kegiatan akan ditutup dengan api unggun oleh DKC,” kata Klemens.

Terkait tujuan, Ketua DKC, Patrisius Mote mengatakan, kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka penyeleksian peserta Raimuna Nasional (Rainas) yang akan berlangsung bulan Agustus 2017 mendatang, bertempat di Bumi Perkemahan Graha Wisata (Buperta) Cibubur, Jakarta Timur.

“Kegiatan dalam raimuna itu perlu juga disesuaikan dengan aspirasi pemuda-pemudi Indonesia, pada umumnya minat, kebutuhan, dan kemampuan para Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega, serta kepentingan dan kebutuhan masyarakat setempat,” ungkapnya.

Sabtu (29/04/2017) lalu, bertempat di SMA Negeri 2 Tigi, Waghete I, Distrik Tigi, Kabupaten Deiyai, Provinsi Papua, Dinas Pendidikan dan Pengajaran Deiyai melalui Kepala Bidang Pendidikan Formal dan Non Formal (PNFI), Yulita Mote, dengan resmi membuka Raicab Kwartir Cabang 26-26 Deiyai Kwarda Papua ini.

“Saya yang mewakili Kepala Dinas Pendidikan dan Pengajaran Kabupaten Deiyai membuka semua rangkaian kegiatan. Semoga kegiatan ini dapat berjalan dengan baik,” ungkap Yulita saat membuka Raicab.

Dalam sambutannya, Yulita mengatakan, kegiatan seperti ini sangat didukung sebagai suatu saran dan wadah (tempat) membentuk karakter dan pribadi yang disiplin, mandiri, serta membentuk sifat kepemimpinan yang baik.

Lebih lanjut, Yulita menekankan masalah kedisiplinan, tata cara membina, mendidik, mencintai, dan dicintai alam, bahkan sang Pencipta melalui kegiatan-kegiatan seperti ini.

Diketahui, raimuna adalah pertemuan pramuka penegak dan pramuka pandega dalam bentuk perkemahan besar di Indonesia yang diselenggarakan oleh kwartir gerakan pramuka. raimuna, mulai dari tingkat kwartir ranting (kecamatan), kwartir cabang (kabupaten) hingga tingkat nasional.

Kata raimuna berasal dari bahasa Ambai, daerah Yapen Timur, Kabupaten Kepulauan Yapen, Papua. Kata Raimuna merupakan gabungan dua kata, yaitu "Rai" dan "Muna". "Rai" berarti sekelompok orang yang berkumpul untuk mencapai tujuan tertentu yang ditetapkan bersama. Sedangkan, "Muna" adalah daya kekuatan jiwa seseorang yang berpengaruh baik dalam mencapai kesuksesan. Raimuna memiliki arti sekelompok orang yang hidup dalam suatu kekuatan dengan dijiwai oleh sesuatu daya kekuatan yang selalu memberi semangat tinggi dalam mencapai tujuan.

Raimuna bersumber pada nilai-nilai: 1. Filsafat Pancasila dan agama; 2. jiwa perjuangan 1945; 3. persahabatan dan kekeluargaan; 4. perkembangan ekonomi, sosial, dan teknologi; 5. seni budaya, kesehatan, kesejahteraan, dan kelestarian lingkungan hidup; 6. keamanan dan ketertiban masyarakat; 7. adat-istiadat dan tata susila; 8. kepemimpinan dan kewirausahaan. (Yulianus Mote/Beko)

Hari Ini, Raicab Deiyai ke I Tahun 2017 Resmi Ditutup Reviewed by Majalah Beko on 21.27.00 Rating: 5
All Rights Reserved by MAJALAH BEKO ©Dedicated for West Papuan Property of CV Media Beko

Hubungi Kami

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.