Breaking News

Berita

KNPB Mnukwar: Indonesia Tipu Orang Papua Sejak 1 Mei 1963

Puluhan anggota KNPB dan PRD Mnukwar berpose seusai pembersihan jalan raya (YG/Beko)
Manokwari, MAJALAH BEKO - - Komite Nasional Papua Barat (KNPB) Wilayah Mnukwar dengan tegas mengatakan, Indonesia menipu orang asli Papua sejak 1 Mei 1963 (Papua dianeksasi ke dalam bingkai NKRI).

“Sejak 1 Mei 1963, Indonesia bekerja sama dengan Belanda dan Amerika. Mereka mengorbankan kami. Papua sudah merdeka saat itu, tapi Trikora masuk diperintahkan oleh Presiden Sukarno Hatta. Saat itu, Papua dipaksa masuk dalam NKRI,” kata Ketua KNPB Mnukwar, Alexander Nekenem kepada majalahbeko.com dalam jumpa pers.

Dijelaskan Alexander, 1 Mei 1963 sebagai penghianatan dan diskriminasi terhadap kedaulatan rakyat Bangsa Papua Barat di Indonesia dan di dunia Internasional. Papua dianeksasi tanpa sepengetahuan orang asli Papua. Pemilik tanah Cenderawasih ingin menentukan nasib sendiri melalui mekanisme referendum.

Oleh karena itu, lanjut Alexander, KNPB Mnukwar dengan tegas menolak 1 Mei sebagai aneksasi Papua dan organisasi kontra demokrasi.

“Kami wilayah mnukwar menolak dengan tegas bahwa hari aneksasi 1 Mei 1963 itu. Aneksasi adalah sejarah awal pelanggaran HAM terhadap orang Papua. Kami menolak dengan tegas, barisan Merah-Putih yang sedang berkonvoi membolak-balik sejarah. Indonesia merdeka itu dari Sabang sampai Amboina. Papua bukan bagian dalam Negara Indonesia,” kata Alexander.

Ketua I Parlemen Rakyat Daerah (PRD) Mnukwar, Ruben Bonai mengatakan, sudah banyak korban (orang asli Papua) yang dibunuh Indonesia sejak 1 Mei 1963.

Ruben menegaskan, pihaknya menolak isu “KNPB selalu membuat masalah di atas tanah Papua. Kami Menolak KNPB, PRD, NRFPB, WMCL, dan WPMA”.

“Parlemen Wilayah Mnukwar dengan tegas menolak barisan Merah-Putih yang membuat aspirasi bahwa, kami menolak dengan tegas KNPB, PRD, NRFPB, WPMCL dan WPMA,” tutup Ruben.

Sementara, Ketua Komunikasi Informasi Pusat, Obabe Wanimbok mengatakan, Parlemen Wilayah Mnukwar meminta kepada masyarakat internasional melihat berbagai pelanggaran HAM yang terjadi di Tanah Papua.

“Aspirasi kami selalu tidak berkembang. Kami ingin menyampaikan aspirasi ke internasional melalui jumpa pers untuk masyarakat Internasional mendukung kami,” pungkas Obabe.

Pantauan majalahbeko.com, sebelum jumpa pers, puluhan anggota KNPB bersama PRD Mnukwar membersihkan jalan raya, mulai dari depan SMK Negeri 1 Manokwari sampai Puncak Reremi pada pukul 09.00 hingga 14.00 WIT.

KNPB Mnukwar menuliskan dalam baliho yang dipajangkan saat pembersihan jalan; “Aneksasi Papua 1 Mei 1963 Sebagai Penghianatan dan Diskriminasi Terhadap Kedaulatan Rakyat Bangsa Papua Barat di Indonesia dan di Dunia”. (Yepuni Giyai/Beko)
KNPB Mnukwar: Indonesia Tipu Orang Papua Sejak 1 Mei 1963 Reviewed by Majalah Beko on 20.22.00 Rating: 5
All Rights Reserved by MAJALAH BEKO ©Dedicated for West Papuan Property of CV Media Beko

Hubungi Kami

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.