BREAKING NEWS

Berita

Pemkab Deiyai Diminta Jelih Melihat Kendala Masyarakat di Bidang Peternakan

Ilustrasi (deiyaikab.go.id)
Deiyai, MAJALAH BEKO - - Masyarakat Kabupaten Deiyai meminta pemerintah kabupaten (pemkab) setempat melalui instansi terkait harus jelih melihat kendala yang dialami masyarakat Deiyai, khususnya di bidang peternakan.

Seorang warga, Kaipa Mote menjelaskan, Deiyai memiliki beberapa komoditas unggul di bidang peternakan. Namun, ia mengaku, banyak ternak mengalami kematian yang terus meningkat akhir-akhir ini.

Sup sektor peternakan di Kabupaten Deiyai ini mempunyai komoditas unggul adalah babi, sapi, kambing, ayam, dan bebek. Namun, kendala yang dialami masyarakat adalah setiap tahun dan setiap bulan, ternak selalu mengalami kematian,” katanya melalui telepon seluler, Rabu (24/05/2017).

Akibatnya, imbuh Kaipa, banyak masyarakat tidak peduli dan malas untuk membudidayakan ternak-ternak tersebut. Masyarakat mengalami kerugian ekonomi di bagian peternakan,” ucapnya.

Selain kematian ternak, Kaipa mengaku, masyarakat juga kekurangan bahan bangunan ternak. “Kami punya kendala yang dialami di kampung adalah bahan bangunan untuk ternak, seperti daun seng dan paku,” ungkapnya.

Oleh karena itu, Kaipa meminta pemkab setempat jelih melihat persoalan dimaksud, seperti menyediakan mantri atau dokter hewan yang dapat menangani kasus kematian ternak selain menyiapkan bahan bagunan.

Kami dari masyarakat meminta kepada pihak pemerintah harus menyediakan obat ternak dan harus ada mantri atau dokter hewan yang bisa menangani kasus penyakit yang selalu terjadi pada ternak ini,” pintanya.

Ia yakin, jika mantri atau dokter hewan dan bahan bangunan disiapkan Pemkab Deiyai, masyarakat akan bekerja semaksimal mungkin.

Kalau masalah-masalah ini sudah terjawab oleh pemerintah, maka kami masyarakat akan berusaha semaksimal mungkin untuk meningkatkan sup sektor peternakan di Kabupaten Deiyai,” tuturnya.

Seorang peternak sapi, Rupus Giyai juga meminta Pemkab Deiyai untuk memfasilitasi usaha-usaha peternakan yang telah lama dijalankan, seperti dirinya yang telah berusaha sejak tahun 1970-an.

Menurutnya, hal ini harus dilakukan pemkab agar dapat menjadi tempat pembelajaran masyarakat.

“Kami yang sudah buka usaha peternakan puluhan tahun. Pemerintah harus perhatian kepada kami untuk menjadi tempat contoh dan tempat belajar bagi masyarakat yang belum bisa kembangkan usaha di bagian sup sektor peternakan,” ungkapnya.

(Jhon Pigai/Beko)
Pemkab Deiyai Diminta Jelih Melihat Kendala Masyarakat di Bidang Peternakan Reviewed by Majalah Beko on 12.12.00 Rating: 5
All Rights Reserved by Majalah Beko ǀ Situs Berita Online Papua ©Dedicated for West Papuan Property of CV Media Beko

Hubungi Kami

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.