Breaking News

Berita

SPP Angkatan 2017 Naik, Mahasiswa Mengeluh, Rektor: Biaya Pelayanan Pendidikan Unipa Minim

Ribuan mahasiswa Unipa sedang berdiskusi bersama Rektor Unipa (HB/Beko)
Manokwari, MAJALAH BEKO - - Biaya SPP mahasiswa Unipa untuk angkatan 2017 menaik. Akibatnya, mahasiswa Unipa mengeluh.

“Latar belakang orang tua kami tidak mampu, apalagi uang transportasi dan hidup setiap hari keluar terus,” kata koordinator lapangan (korlap), Adolof F. Dimi dalam aksi yang digelar di kampus Unipa, Selasa (23/05/2017) pagi.

Dalam aksi yang digelar bersama Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) ini, mahasiswa mempertanyakan alasan kenaikan harga SPP untuk angkatan 2017.

Menaggapi hal itu, Rektor Unipa, Dr. Jacob Manusawai bersama para wakilnya, serta para dekan dan wakil dekan mengadakan pertemuan bersama ribuan mahasiswa di Aula Unipa siang harinya.
  
Rektor menjelaskan, kenaikan SPP ini karena minimnya biaya pelayanan pendidikan selama dua periode terakhir.

Pelayanan pendidikan itu, kata Manusawai, seperti petugas kebersihan atau cleaning service, supir bus setiap fakultas, biaya operasional bus, biaya semester pendek, dan pelayanan pendidikan lainnya.

“APBD kita terbatas. Dosen yang gelar semester pendek mau dapat biaya dari mana? Bayar cleaning service, supir bus dan beli bahan bakar dengan anggaran mana? Kita tidak ada biaya. Belum lagi masalah akreditasi di setiap fakultas,” ungkapnya seperti dilansir papuakini.co.

Untuk itu, Manusawai meminta agar mahasiswa mengerti kebijakan ini. Apalagi kenaikan biaya SPP dilakukan bertahap dan diawali dari angkatan 2017.

Sementara, Wakil Rektor I Bidang Akademik Unipa, Dr. Ir. D. K. Erari mengatakan, jika dibandingkan dengan Uncen yang sudah mencapai Rp. 4 juta per semester, maka kenaikan di Unipa itu belum seberapa.

“Kita masih di bawah itu. SPP kita untuk angkatan 2017 yang eksata Rp. 2 juta, 1,5 juta untuk sosial. Itu merupakan SPP terendah di seluruh dunia,” jelasnya.

Sedangkan, untuk di bawah angkatan 2017, biaya SPP semester mereka tidak naik. “Jadi yang 500, 700 ribu dan seterusnya yah tetap, yang naik hanya angkatan baru,” ucapnya.

Sebelumnya, mahasiswa telah membuat pernyataan sikap yang ditanda tangani BEM dan korlap. Akhir dari pertemuan ini, BEM menyerahkan pernyataan sikap kepada Rektor Unipa.

Mahasiswa masih menunggu kebijakan pihak universitas dan DPR Provinsi Papua Barat, sebagaimana yang telah dimuat dalam pernyataan sikap.

(Yepuni Giyai)
SPP Angkatan 2017 Naik, Mahasiswa Mengeluh, Rektor: Biaya Pelayanan Pendidikan Unipa Minim Reviewed by Majalah Beko on 03.46.00 Rating: 5
All Rights Reserved by MAJALAH BEKO ©Dedicated for West Papuan Property of CV Media Beko

Hubungi Kami

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.