Breaking News

Berita

Tips Memilih Jurusan Kuliah dan PT bagi Lulusan SMA atau SMK

Oleh : Neson Elabi
Ilustrasi (Ist.)
Ujian Nasional (UN) bagi SMA atau SMK sederajat telah terselenggara. Pengumuman hasil ujian pun sudah diumumkan setiap sekolah. Ada sekolah yang lulus 100%, namun ada pula ada yang tidak lulus 100%. Namun, yang mau penulis bahas di sini bukanlah UN, tetapi apa langkah selanjutnya setelah UN, yaitu dalam menghadapi dunia perkuliahan yang lebih lanjut. Walaupun bagi sebagian besar calon mahasiswa sudah putuskan jurusan dan perguruan tinggi (PT) apa yang mau ditempuh dalam perkuliahan, namun ada pula yang masih bingung harus memilih jurusan dan PT apa yang mau dipilih.

Bagi Anda yang masih bingung dan belum memilih jurusan maupun PT apa yang mau diambil, berikut penulis membagikan tips-tips memilih jurusan atau PT dalam melanjutkan kuliah.

1. SDM di Bidang Manakah yang Sangat Dibutuhkan di Daerahmu?

Mau ambil jurusan apa di kuliah setelah lulus SMA/SMK?Ketika calon mahasiswa ditanya pertanyaan ini, sebagian besar kadang bingung memilih jurusan apa saat di kuliah nanti. Hal ini disebabkan karena kurangnya persiapan, kurang referensi atau  informasi tentang  jurusan perkuliahan.
 
Maka, tips yang pertama adalah dilihat dari bidang SDM yang sangat dibutuhkan di daerah Anda itu apa. Misalnya, tenaga dokter yang sangat kurang, tenaga guru yang kurang, kurangnya ahli gizi, tingginya kebutuhan tenaga kerja di bidang arsitektur, sipil, kelistrikan, pertanian, peternakan atau yang lainnya.

Setelah Anda mengetahuinya, Anda tinggal pilih bidang apa yang Anda mau pilih yang berhubungan dengan bidang SDM yang dibutuhkan di daerah Anda.

Hal ini akan sangat membantu saat Anda pulang di daerah Anda. Anda akan dipakai langsung jika bidang tersebut sangat dibutuhkan di daerah Anda.

2. Jangan Memilih Jurusan yang Banyak Dipilih

Tips yang kedua adalah jangan memilih jurusan yang banyak dipilih. Mengapa? Menurut data Ketenagakerjaan Indonesia, yang dilansir melalui www.cnnindonesia.com, jumlah pegangguran di Indonesia mencapai angka 7,03 juta per Agustus 2016, baik pegangguran terbuka atau pegangguran terselubung.  Hal ini disebabkan karena kurangnya lapangan pekerjaan atau tingginya persaingan, atau homogennya (kesamaan) bidang lulusan antara para pencari kerja. Misalnya, banyaknya pencari kerja yang gelarnya Sarjana Ekonomi (SE), Sarjana Sosial (S.Sos), dst. Hal seperti ini akan membuat tingginya persaingan dalam mencari kerja. 
Maka, jika bagi Anda ingin melanjutkan kuliah, pilihlah jurusan-jurusan yang jarang dipilih oleh mahasiswa pada umumnya. Misalnya, jurusan Geologi, Geodesi, Planologi, jurusan Geografi, Teknik Lingkungan, Sumber Daya Perairan, Pertanian, dan lain sebagainya. Jika Anda memilih jurusan yang jarang diambil orang, maka peluang untuk mencari kerja sangat besar, terlebih khususnya bagi Anda yang berasal dari Papua.

Namun resikonya, jika Anda memilih jurusan yang baru atau jarang diambil orang, maka Anda harus siap bekerja keras dan disiplin dalam belajar.

3. Sesuaikan dengan Kemampuan Diri Anda

Tips yang ketiga adalah sesuaikan dengan kemampuan diri Anda. Jika sewaktu SMA atau SMK, Anda jurusan IPA, IPS, Bahasa, Pertanian, Otomotif dan lainnya, pilihlah jurusan di PT yang basis ilmunya sama sewaktu Anda di SMA/SMK. Misalnya, sewaktu SMA Anda di IPA, maka Anda bisa pilih jurusan Teknik Kimia, Perawat, Apoteker, bahkan Dokter, dst. Jika sewaktu SMA Anda jurusan IPS, berarti Anda bisa pilih jurusan Geologi, Ilmu Tanah, Sejarah, dst.

Pilihlah jurusan di PT sesuai dengan dasar ilmu yang sudah dimiliki saat SMA/SMK, karena hal ini akan mempermudah Anda ketika beradaptasi dengan mata kuliah yang diajarkan di PT nanti.

4. Sesuaikan dengan Kemampuan Finansial Keluarga

Tips berikutnya dalam memilih jurusan adalah sesuaikan dengan kemampuan finansial (keuangan) Anda dalam menempuh kuliah. Karena, tidak semua jurusan biaya kuliahnya sama, maka mengetahui biaya kuliah jurusan yang Anda ingin pilih sangatlah penting. Setelah Anda mengetahui biaya kuliah jurusan yang ingin Anda tuju, maka Anda bisa bandingkan dengan kemampuan sumber keuangan Anda selama kuliah.

Selain empat tips dalam memilih jurusan kuliah, penulis juga ingin membagikan tips dalam memilih PT atau universitas untuk kuliah. Berikut adalah tips memilih PT dalam menempuh kuliah.

1. Apa Akreditasinya?

Akreditasi adalah posisi atau nilai PT yang diperoleh atau diakui badan akreditasi dari DIKTI. Apakah kampus yang Anda pilih akreditasinya A, B, C atau seterusnya? Semakin tinggi akreditasinya, maka akan semakin bagus. Pilihlah kampus yang akreditasinya minimal B, karena ini akan mempengaruhi saat Anda mencari kerja atau melanjutkan kuliah di tingkat Strata 2 (S2), dst.

2. Dikenal Luas

Pilihlah kampus yang dikenal masyarakat luas, misalnya ITB, UGM, ITP, ITS, UNCEN, dst. Jika Anda merasa  bisa secara finansial, kemauan dan kerja keras, maka semuanya pasti ada jalan. Maka, pilihlah terlebih dahulu di kampus-kampus ternama, jika tidak lulus seleksi di kampus ternama, baru kemudian pilih di kampus yang lebih kecil. Keuntungan dari memilih kampus yang dikenal luas karena Anda bisa menjumpai alumni yang banyak di dunia kerja. Hal ini setidaknya bisa membantu Anda saat kerja nanti.

3. Pilih Kampus Sesuai Kata Hati

Tips terakhir dalam memilih kampus adalah pilihlah PT yang Anda inginkan sesuai kata hati Anda. Jangan pilih kampus A karena ada teman di sana, atau pilih kampus B karena ada kakak kuliah di sana, dst. Namun, dalam pemilihan kampus yang diinginkan, tidak ada salahnya ditanyakan kepada mereka-mereka yang terdahulu di situ. Misalnya, tanyakan pada teman yang sudah duluan kuliah atau kakak yang sudah lulus, dst. Pilih kampus sesuai kata hati ini juga akan memotivasi diri Anda untuk berjuang dan belajar lebih giat lagi.

Itulah beberapa tips dalam pemilihan jurusan dan PT yang penulis  bisa bagikan kepada pembaca, terutama bagi Anda yang akan melanjutkan di PT. Semoga artikel singkat ini bermanfaat. ***
Tips Memilih Jurusan Kuliah dan PT bagi Lulusan SMA atau SMK Reviewed by Majalah Beko on 03.31.00 Rating: 5
All Rights Reserved by MAJALAH BEKO ©Dedicated for West Papuan Property of CV Media Beko

Hubungi Kami

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.