Breaking News

Berita

Dinkes Dogiyai Buka Pendaftaran Bantuan Biaya Pendidikan Kemenkes RI Hingga Agustus Mendatang

Kepala Tata Usaha RSUD Pratama Dogiyai, Yavet Anouw (IT/Beko)
Dogiyai, MAJALAH BEKO - - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Dogiyai membuka pendaftaran biaya pendidikan dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI) bagi tenaga kesehatan di bawah Diploma III dan lulusan kampus yang belum terakreditasi.

Demikian disampaikan Kepala Tata Usaha Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Pratama Dogiyai, Yavet Anouw di ruang kerjanya saat ditemui majalahbeko.com, Kamis (15/06/2017).

Anouw menjelaskan, bantuan biaya tersebut akan diberikan bagi tenaga kesehatan yang bekerja di rumah sakit, puskesmas, dan fasyankes Dogiyai.

"Biaya bagi perawat bersangkutan akan diberi keringanan biaya bantuan dari Kemenkes,” katanya.

Anouw mengatakan, pendaftaran ini dibuka hingga Agustus 2017 mendatang. Oleh karena itu, tambah Anouw, bagi tenaga kesehatan yang berminat dapat mengambil formulir pendaftaran di RSUD Pratama Dogiyai. “Bagi perawat bersangkutan bisa ambil formulir yang kami telah siapkan, paling lambat bulan Agustus,” ujarnya.

Sampai saat ini, lanjut Anouw, 18 peserta yang telah terdaftar. "Yang terdaftar itu tamatan SPK yang sudah PNS, tamatan Akper Yanmas Jayapura dan Smakes Keperawatan,” pungkasnya.

Di tempat yang terpisah, Once Badii tamatan Akper Yanmas Jayapura mengapresiasi program Kemenkes ini. "Kami sangat mengapresiai usaha yang dilakukan dari Kemenkes, karena kami tertipu saat masuk kuliah di kampus yang belum terakreditasi,” ungkapnya.

Program Percepatan Peningkatan Kualifikasi Pendidikan Tenaga Kesehatan

Kemenkes RI melalui Kepala Badan PPSDM Kesehatan dalam Program Percepatan Peningkatan Kualifikasi Pendidikan Tenaga Kesehatan menuliskan, program percepatan peningkatan kualifikasi pendidikan tenaga kesehatan adalah program akselerasi dalam rangka meningkatkan kompetensi dan kualifikasi pendidikan tenaga kesehatan dengan jenjang pendidikan di bawah Diploma III.


Dituliskan lagi, Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota melakukan identifikasi, pengumpulan, dan validasi data tenaga kesehatan dengan pendidikan di bawah Diploma III, bekerja di fasyankes dan berstatus sebagai pegawai negeri sipil. Kemudian, Dinkes Provinsi melakukan rekapitulasi calon peserta dan mengajukan usulan calon peserta kepada Menteri Kesehatan melalui Kepala Badan PPSDM Kesehatan untuk ditetapkan sebagai penerima bantuan biaya pendidikan.

Calon peserta program yang memiliki jenjang pendidikan D1 dan calon peserta program yang memiliki kualifikasi jenjang pendidikan menengah akan mengikuti Program RPL yang ditetapkan, memperoleh kredit dan membahas sebagian mata kuliah, mengikuti proses pembelajaran di perguruan tinggi (1-2 tahun) hingga lulus dan mendapatkan ijazah.

(Isodorus Tebai)
Dinkes Dogiyai Buka Pendaftaran Bantuan Biaya Pendidikan Kemenkes RI Hingga Agustus Mendatang Reviewed by Majalah Beko on 23.21.00 Rating: 5
All Rights Reserved by MAJALAH BEKO ©Dedicated for West Papuan Property of CV Media Beko

Hubungi Kami

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.