BREAKING NEWS

Berita

OMK Nabire Akan Mengikuti CYD 2017 di Biak

Pendataan peserta OMK se-Kabupaten Nabire di Aula Gereja KSK Nabire. Foto: Meky Giyai
Nabire, MAJALAH BEKO - - Orang Muda Katolik (OMK) se-Kabupaten Nabire akan mengikuti Cenderawasih Youth Day (CYD) 2017 dengan tema “Madah Cenderawasih untuk Indonesia Damai” pada tanggal 4-7 Juli di Kabupaten Biak.

Ketua Panitia CYD 2017 OMK se-Kabupaten Nabire, Alfons Nawipa mengatakan, untuk mengikuti CYD Biak 2017, pihaknya telah melakukan berbagai langkah atau kegiatan, yakni sosialisasi kegiatan dan pendataan peserta sesuai ketentuan panitia CYD Biak 2017.

“Hari ini, kami melakukan pengecekan peserta yang sudah fix. Sebelumnya, sebagai langkah awal, kami sudah melakukan sosialisasi terkait kegiatan CYD Biak ini kepada OMK di Nabire,” katanya ketika ditemui majalahbeko.com, Senin (19/06/2017) sore di Gereja Kristus Sahabat Kita (KSK) Nabire.

Nawipa menambahkan, sebanyak 54 peserta OMK se-Kabupaten Nabire akan diikutsertakan dalam temu akbar OMK Dekanat Teluk Cenderawasih ini. Peserta tersebut telah dibagi berdasarkan kelompok-kelompok minat atau bakat untuk memenuhi 10 kelas pelatihan dalam CYD Biak yang terbagi dalam 3 kelompok, yaitu pelayan altar (putra-putri altar, lektor), musik liturgi (paduan suara, pemazmur, organis), dan organisasi atau minat/bakat (jurnalistik/IT, dokumentasi/fotografi, organisator, tata suara, kesenian/pentas/pameran).

“Peserta yang akan ikut CYD Biak adalah 54 peserta termasuk dengan 5 pendamping. Itu sudah dibagi sesuai jurusan atau sepuluh kelas. Peserta itu sendiri kita ambil dari utusan wilayah paroki yang ada, seperti dari quasi Topo, Nabire Barat, Wanggar, SP A, SP B, SP C, SP 1, kemudian dari wilayah 4, kedua wilayah yang ada di paroki dan juga tuan rumah paroki itu sendiri,” katanya.

Selain sosialisasi kegiatan dan pendataan peserta, Nawipa mengatakan, pihaknya telah melakukan berbagai kegiatan penunjang, yakni bazar, sumbangan sukarela (dalam bahasa Mee: ebamukai), dan sumbangsih pemerintah kabupaten sebagai sumber dana.

“Sumber dana yang telah kami jalani untuk persiapan keberangkatan CYD Biak ada berapa kegiatan. Yang pertama adalah bazar atau usaha dana sendiri dari panitia. Yang kedua adalah perpanjangan tangan dari paroki ke gereja stasi untuk ebamukai di wilayah paroki KSK. Yang ketiga adalah sumbangan sukarela dari umat paroki itu sendiri. Yang berikutnya adalah bantuan transportasi dari pemda,” ungkapnya.

Ia melanjutkan, timnya akan mengikuti schedule panitia CYD Biak dan akan berangkat pada tanggal 28 Juni. “Kami akan berangkat tanggal 28 Juni. Tiba di Biak tanggal 30 Juni. Usai kegiatan, kami kembali dari Biak tanggal 10 Juli,” katanya.

Nawipa meyakini, output kegiatan pengganti ret-ret OMK ini akan membawa dampak positif bagi gereja, khususnya di kalangan generasi muda Katolik di Nabire.

“Harapan saya bahwa nantinya, setelah mengikuti kegiatan CYD, masa depan gereja tidak diragukan lagi bahwa generasi muda itu siap membawa gereja ke arah yang lebih baik sesuai 10 jurusan atau kelas itu,” ungkapnya.

Seorang peserta, Andreas Tekege menyatakan siap mengikuti CYD ini. “Kegiatan ini positif untuk kami karena di dalam kegiatan ini ada 10 kelas yang dibagi. Saya sendiri pilih bagian organisator. Saya dan teman-teman siap ikuti CYD Biak,” ungkap anggota OMK KSK Nabire itu.

(AP/MB/AD)
OMK Nabire Akan Mengikuti CYD 2017 di Biak Reviewed by Majalah Beko on 10.05.00 Rating: 5
All Rights Reserved by Majalah Beko ǀ Situs Berita Online Papua ©Dedicated for West Papuan Property of CV Media Beko

Hubungi Kami

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.