BREAKING NEWS

Berita

Puluhan Mahasiswa FKIP UNIPA Mengikuti Pembekalan KKN

Puluhan mahasiswa (peserta) KKN menerima materi (Yepuni Giyai/Beko)
Manokwari, MAJALAH BEKO - - Puluhan mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Papua (Unipa) mengikuti pembekalan Kuliah Kerja Nyata (KKN), Senin (12/06/2017) di Aula Utama Unipa, Amban, Manokwari.

Puluhan mahasiswa (peserta) KKN ini dibekali materi-materi penunjang sebelum turun ke tempat KKN. Di hari pertama, peserta diberikan tujuh materi.

Materi pertama; “Profil Pendidikan di Kabupaten Manokwari” diberikan oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Olahraga Kabupaten Manokwari, B. Dowansiba, M.Pd. Materi kedua: “Strategi Minat Membaca” diberikan oleh David A. N. Pasaribu, ST, M.Eng. Materi ketiga: “Perhitungan Sambil Main” oleh Jeinne Mumu, S.Pd., M.Sc. Materi keempat: “Pola Hidup Bersih dan Sehat” oleh Puskesmas Amban. Materi kelima: “Lingkungan sebagai Tempat Belajar” oleh Ali Sunarko, S.Pd. dari Noken Pustaka Papua. Materi keenam: “Pembelajaran Berbasis Lokal (Pendekatan Orang Tua)” oleh Dr. Hugo Warami, S.Pd., M.Hum. Materi ketujuh: “Orientasi dan Pedoman KKN” oleh Dr. Benidiktus Tanujaya, M.Si.

Dosen Pendidikan Kimia, Achmad Rante Suparman, S.Pd., M.Pd. mengatakan, KKN kali ini diadakan selama dua bulan dan akan sedikit berbeda dengan KKN sebelumnya.

“Kegiatan-kegiatan sebelumnya dia fokus ke arah fisik, seperti pengolaan balai desa dan pembersihan di lingkungan kampus. Kali ini, difokus ke baca, tulis, dan hitung. Mereka (peserta KKN, red.) akan sebarkan berupa lisan dan tulisan, serta praktekan selama dalam dua bulan mendatang,” ujarnya ketika ditemui majalahbeko.com di tempat pembekalan KKN.

Achmad menambahkan, KKN ini difokuskan untuk masyarakat tuna aksara di Kabupaten Manokwari dan Manokwari Selatan.

“Kami ingin merangkulkan anak-anak, bahkan sampai bapak, ibu yang belum bisa membaca. Kami akan sebarkan dua kabupaten adalah Kabupaten Manokwari dan Manokwari Selatan. Manokwari Selatan 10 kampung sedangkan di Manokwari 7 kampung,” katanya.

Selain itu, imbuhnya, pihaknya bekerja sama dengan LSM Noken Pustaka Papua untuk merealisasikan target KKN.

Pembekalan ini akan berakhir pada Selasa (13/06/2017).

(Yepuni Giyai)
Puluhan Mahasiswa FKIP UNIPA Mengikuti Pembekalan KKN Reviewed by Majalah Beko on 13.46.00 Rating: 5
All Rights Reserved by Majalah Beko ǀ Situs Berita Online Papua ©Dedicated for West Papuan Property of CV Media Beko

Hubungi Kami

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.