BREAKING NEWS

Berita

UNBK Paket A, B dan C se-Kabupaten Nabire Tahun 2017 Akan Dilaksanakan

Ilustrasi. Foto: pojoksatu.id
Nabire, MAJALAH BEKO - - Tahapan pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) untuk paket A, paket B, dan paket C se-Kabupaten Nabire sedang berlangsung dan akan diujiankan dalam minggu kedua bulan Oktober 2017.

Hal ini disampaikan Deni Laturiu, Ketua Pelaksana UNBK se-Kabupaten Nabire seusai rapat koordinasi pimpinan Penyelenggara Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) se-Kabupaten Nabire bertempat di aula Dinas Pendidikan Kabupaten Nabire.

“Sampai hari ini, kami sedang melakukan pengumpulan data peserta ujian dan setelah menerima data peserta ujian dari PKBM, kami akan masukan ke sistem dapodik karena semua pendataan peserta ujian mengunakan data dapodik seperti yang dilakukan oleh pendidikan formal,” katanya saat ditemui wartawan majalahbeko.com, Kamis (6/7/2017).

Lanjut Laturiu, “Pelaksanaan ujian nasional paket tahun ini akan dilaksanakan pada bulan Oktober minggu kedua secara serentak di seluruh Indonesia sesuai petunjuk operasional ujian nasional.”

Laturiu mengatakan, ujian paket A akan diujiankan secara tertulis, sisanya berbasis UNBK. “Untuk paket A, ujiannya akan dilaksanakan secara tertulis, sedangkan untuk paket B dan paket C, pelaksanaan ujiannya mengunakan sistem Ujian Nasional Berbasis Komputer,” ungkapnya.

Meskipun demikian, dikatakan Laturiu, pelaksanaan UNBK di Nabire berkendala. Pasalnya, masih belum ada fasilitas yang memadai.

“Kusus untuk kami Kabupaten Nabire dan pada umumnya Propinsi Papua, kendala yang dihadapai adalah para Penyelenggara Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) belum memiliki fasilitas yang memadai untuk mendukung proses pelaksanaan UNBK,” katanya.

Oleh karena itu, Laturiu mengatakan, pelaksanaan ujian akan disesuaikan dengan fasilitas yang ada. “Dalam waktu dekat, kami akan upayakan agar penyelenggaraan ujian nasional secara manual dengan mempertimbangkan kondisi yang ada,” ujarnya.

Agar kendala tersebut teratasi nantinya, ia mengatakan, perlu adanya pemerataan pendidikan dalam hal sarana dan prasarana. “Jika ingin disamakan, maka harus ada pemerataan pendidikan, baik itu dalam fasilitas maupun sarana dan prasarananya,” katanya.

Hal serupa disampaikan Viktor Tebai, Sekertaris Dinas Pendidikan Kabupaten Nabire. Ia mengatakan, PKBM harus dilengkapi sarana dan prasarana. “Untuk lembaga-lembaga PKBM ini harus dilengkapi fasilitas sarana prasarana maupun pendanaanya. Kalau tidak demikian, kesannya kita hanya mengejar sesuatu,” katanya di kesempatan yang sama.

Ia juga menghimbau kepada para peserta ujian nasional agar dapat menyiapkan semua persyaratan dan mengikuti prosedur yang ditetapkan panitia penyelenggara UNBK.

“PKBM yang akan mengikut sertakan warga belajarnya untuk mengikuti ujian nasional untuk dapat menyiapkan semua persyaratan dan mengikuti proses tahapan-tahapan penyelenggaraan Ujian Nasional Berbasis Berbasis Komputer,” himbau Tebai.

Selain itu, Tebai mengharapkan kepada pemerintah pusat dan daerah agar dapat membenahi kendala-kendala yang dimaksud.

“Harapan kami, kendala-kendala yang kami hadapai tahun ini menjadi pekerjaan rumah bagi pemerintah pusat maupun pemerintah daerah untuk mem-back up semua kebutuhan PKBM. Sehingga, di tahun-tahun mendatang, semua kendala dapat diatasi dan proses Ujian Nasional Berbasis Komputer dapat terselenggara dengan baik,” harapnya.

(Donatus Douw)
UNBK Paket A, B dan C se-Kabupaten Nabire Tahun 2017 Akan Dilaksanakan Reviewed by Majalah Beko on 23.04.00 Rating: 5
All Rights Reserved by Majalah Beko ǀ Situs Berita Online Papua ©Dedicated for West Papuan Property of CV Media Beko

Hubungi Kami

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.