Breaking News

Berita

Aspirasi Ribuan Warga Deiyai Diterima Tujuh DPR Saja

Ribuan warga Deiyai menduduki kantor DPR Deiyai, Papua, Senin (21/8/2017). Foto: PK/Beko.
Deiyai, MAJALAH BEKO - - Hanya tujuh dari 20 Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Kabupaten Deiyai yang menerima aspirasi ribuan warga dalam aksi damai menuntut PT Putra Dewa Paniai dan satuan Brimob untuk harus angkat kaki dan pergi dari wilayah Kabupaten Deiyai.

Di hadapan massa, Yunias Edowai, Ketua DPR Deiyai mengatakan, 13 anggota DPR lainnya tidak hadir karena sedang melaksanakan tugas dan tanggungjawab. “Untuk saat ini, kami hanya beberapa (tujuh) anggota DPR yang bisa terima semua aspirasi yang disampaikan,” kata DPR Edowai di kantor DPR, Waghete, Deiyai, Senin (21/8/2017).

Dikatakannya, lembaganya telah membentuk panitia khusus (pansus) beberapa hari lalu untuk membahas dan mendorong tragedi 1 Agustus di Kampung Oneibo, Deiyai, Papua.

“Kami sudah bentuk pansus. Aspirasi yang sudah disampaikan kami akan bahas dalam pansus termasuk tuntutan dari rakyat agar PT Putra Dewa Paniai dan Brimob harus angkat kaki,” katanya.
Menanggapi ketidakhadiran 13 anggota legislatif tersebut, Ones Madai, koordinator lapangan (korlap) meminta semua anggota DPR harus hadir guna menandatangani petisi warga yang wajib ditandatangani berbagai pihak di Deiyai.

Dikatakan Madai, petisi itu digelar sebagai bukti kesepakatan yang kuat dari seluruh warga Deiyai bersama berbagai komponen yang ada untuk mengusir PT Putra Dewa Paniai dan Brimob dari Deiyai.

“Kami minta dengan tegas, tandatangani petisi ini dimulai dari bupati, wakil bupati, dan ketua DPR, serta akan diikuti seluruh 20 anggota DPR. Selanjutnya, semua komponen yang ada harus ikut tandatangan, termasuk kepolisian dan TNI,” tegas Madai.

Setelah dijalankan, banyak pihak telah menandatangani petisi tersebut.

Aleksander Pakage, warga Deiyai, menyayangkan sikap acuh tak acuh perwakilan rakyat terhadap warga Deiyai. Menurut Pakage, ketidakhadiran 13 anggota DPR Deiyai merupakan bukti pengkhianatan para wakil rakyat yang ada di Deiyai.

“Sikap mereka ini sangat disayangkan. Ini masalah besar, kenapa mereka tidak datang? Mereka tidak datang itu mereka khianati rakyat Deiyai,” tegas Pakage.

Pakage menambahkan, ketidakhadiran para wakil rakyat tersebut menunjukan siapa diri mereka. “Mereka tidak hadir karena mereka itu tidak mampu,” katanya.

Dikatakan Pakage, kehadiran para anggota DPR sangat dibutuhkan dalam penyelesaian tragedi penembakan 1 Agustus 2017 di Kampung Oneibo, Deiyai.

Oleh karena itu, ia berharap, semua anggota legislatif Deiyai hadir dalam pertemuan yang akan digelar DPR bersama perwakilan beberapa komponen selama dua hari ke depan di Deiyai.

(PK/Beko)
Aspirasi Ribuan Warga Deiyai Diterima Tujuh DPR Saja Reviewed by Majalah Beko on 20.28.00 Rating: 5
All Rights Reserved by MAJALAH BEKO ©Dedicated for West Papuan Property of CV Media Beko

Hubungi Kami

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.