Breaking News

Berita

Besok, Ribuan Warga Akan Duduki Kantor DPR Deiyai

Ilustrasi aksi damai. Foto: Ist.
Deiyai, MAJALAH BEKO - - Besok, Senin (21/8/2017), direncanakan, ribuan warga akan duduki kantor Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Kabupaten Deiyai, Papua. Aksi damai ini digelar untuk meminta Pemerintah Kabupaten (Pemkab) dan DPR Deiyai menuntaskan tragedi 1 Agustus di kampung Oneibo yang menewaskan Yulianus Pigai dan belas orang lain luka-luka.

Yuli Mote, Ketua Tim Peduli Kemanusiaan Deiyai (TPKD) mengatakan, ribuan warga Deiyai telah siap untuk duduk di kantor DPR Deiyai. Pasalnya, TKPD telah sampaikan kepada seluruh warga yang ada di kabupaten Deiyai.

Dikatakan Mote, aksi damai seharusnya digelar minggu lalu. “Tapi, dua minggu belakangan ini kami (seluruh warga Deiyai) selesaikan duka,” kata Mote, Minggu (20/8/2017) di Waghete, Deiyai.

Namun, sesuai kesepakatan TPKD dan keluarga korban, aksi akan digelar bersama seluruh warga Deiyai. Dalam aksi damai, seluruh warga Deiyai akan mendesak DPR Deiyai untuk membentuk panitia khusus (pansus). Pansus tersebut diharapkan bisa mengawal proses jalannya kasus Oneibo hingga tuntas.

“Tujuan aksi sudah jelas. Warga Deiyai akan mendesak usut tuntas terkait tragedi 1 Agustus di Kampung Oneibo, Deiyai,” tegas Mote.

Ia berharap, Bupati, Wakil Bupati, Sekda, dan para legislator Deiyai agar bisa hadir di Deiyai dan menerima aspirasi. Pasalnya, sejauh ini para pejabat tidak pernah ada di Deiyai dan terjadi pembiaran terhadap warganya sendiri.

“Selama ini, di Deiyai itu seperti anak ayam kehilangan induk dan binatang buas dengan gampang terkam siapapun,” katanya.

Ditempat yang sama, Ones Madai, kordinator lapangan (korlap) aksi damai mengatakan, TPKD sudah melaporkan kepada pihak keamanan terkait aksi. Selain itu, TPKD sudah menyampaikan kepada polisi pamong praja (Pol PP).

“Hingga saat ini, persiapan aksi damai sudah mencapai 90 persen,” kata Madai.

Kata Madai lagi, TPKD juga telah menyepakati bersama untuk melakukan aksi tersebut. Keluarga korban mau agar kasus tersebut harus diusut tuntas.

Dalam aksi damai tersebut, Madai menjelaskan, tidak hanya warga asli Deiyai. Warga non Papua yang ada di Deiyai sudah nyatakan sikap untuk akan mengambil bagian dalam aksi tersebut.

Madai menambahkan, TPKD yang mewakili seluruh warga Deiyai telah menyiapkan sejumlah pernyataan sikap yang akan dibacakan. “Kami tetap akan desak kepada pemkab dan DPR agar harus penuhi pernyataan sikap yang telah disiapkan dari warga,” tegasnya.

Direncanakan, seluruh warga Deiyai akan berkumpul di lapangan bola Waghete, Deiyai. Lalu, seluruh warga akan melakukan long march menuju kantor DPR Deiyai.

(Philemon Keiya/Beko)
Besok, Ribuan Warga Akan Duduki Kantor DPR Deiyai Reviewed by Majalah Beko on 20.33.00 Rating: 5
All Rights Reserved by MAJALAH BEKO ©Dedicated for West Papuan Property of CV Media Beko

Hubungi Kami

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.