Breaking News

Berita

DPRD Kota Gorontalo Akan Dukung Penuntasan Kasus HAM Papua

Massa memajangkan pamflet aksi dan foto-foto pelanggaran HAM Papua di depan kantor DPRD Kota Gorontalo. Foto: LY/Beko.
Gorontalo, MAJALAH BEKO - - Ratusan mahasiswa Papua di Kota Gorontalo yang terhimpun dalam Ikatan Mahasiswa Pelajar Indonesia Papua (IMPIP) dan Asosiasi Mahasiswa Pegunungan Tengah Papua Indonesia (AMPTPI) menggelar aksi damai, Selasa (8/8/2017) siang, meminta dukungan DPRD Gorontalo dalam penuntasan kasus-kasus pelanggaran HAM di tanah Papua.

Massa aksi yang memajangkan pamflet aksi dan foto-foto pelanggaran HAM Papua ini melakukan long march dari Asrama Papua, Jalan Taman Hiburan, Wongkaditi pada pukul 10.00 WITA menuju kantor DPRD Kota Gorontalo. Selama long march, massa yang dikomando tiga koordinator lapangan (korlap); Lukas Yobee, Emanuel Ukago, dan Emenus Wakur ini berorasi menyampaikan tuntutan aksi hingga tiba di kantor DPRD Gorontalo sekitar pukul 12.00 WITA.

Lukas Yobee, seorang koordinator lapangan (korlap) meminta dukungan DPRD Gorontalo dalam penuntasan kasus-kasus pelanggaran HAM di tanah Papua.

“Kami meminta kepada DPRD Kota Gorontalo untuk mendukung dalam menuntaskan berbagai kasus pelanggaran HAM di Papua sejak tahun 1961 hingga sekarang, tahun 2017, mulai dari pembunuhan sampai pemerkosaan,” pinta Yobee.

Yobee menambahkan, kasus penembakan di Oneibo, Tigi, Deiyai, Papua yang dilakukan aparat Brimob adalah yang terbaru.

Menurut Yobee, rentetan pelanggaran HAM itu masih belum diusut tuntas Pemerintah Indonesia.

Selain itu, massa dengan tegas menolak pembangungan Mako Brimob dan pangkalan TNI/Polri, juga menolak masuknya perusahaan-perusahaan dan transmigrasi illegal, serta pemekaran provinsi dan kabupaten di seluruh tanah Papua.

Massa ditemui Hais Nusi, Ketua Komisi C DPRD Kota Gorontalo bersama jajarannya. Hais Nusi mengatakan, pihaknya mendukung pununtasan berbagai kasus HAM di tanah Papua.

Dukungan tersebut disampaikan Nusi karena menurutnya, luka Papua adalah luka Gorontalo juga.

Dukungan senada disampaikan Cahrales Budi Doku, Wakil Wali Kota Gorontalo.

“Pernyataan sikap yang mahasiswa menyikapi dan sampaikan, kami akan ditindaklanjuti dan akan diundang mahasiswa Papua kembali di kantor DPRD Kota Gorontalo, dalam hal untuk mengetahui kembali respon atau hasil pernyataan sikap tersebut,” katanya.

Hingga diakhiri dengan penyerahan pernyataan sikap massa kepada Ketua Komisi C DPRD Kota Gorontalo, aksi ini berjalan aman.

(LY/Beko)
DPRD Kota Gorontalo Akan Dukung Penuntasan Kasus HAM Papua Reviewed by Majalah Beko on 22.14.00 Rating: 5
All Rights Reserved by MAJALAH BEKO ©Dedicated for West Papuan Property of CV Media Beko

Hubungi Kami

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.