BREAKING NEWS

Berita

Terima 1773 Mahasiswa Baru, Ini Pesan Rektor Unipa

Para peserta PKKMB apel sore di depan Rektorat Unipa. Foto: Yepuni Giyai/Beko.
Manokwari, MAJALAH BEKO - - Universitas Papua (Unipa) melalui Panitia Pelaksana (Panpel) Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) tahun akademik 2017/2018 menerima sebanyak 1773 mahasiswa baru.

Keliopas Krey, Ketua Panpel PKKMB Unipa mengatakan, 1773 mahasiswa baru telah diterima di 11 fakultas Unipa.

“Fakultas Ekonomi 164 orang, Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan 334 orang, Fakultas Kehutanan 221 orang, Fakultas Matematika Ilmu Pengetahuan Alam 107 orang, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan 160 orang, Fakultas Pertanian 175 orang, Fakultas Peternakan 63 orang, Fakultas Sastra 215 orang, Fakultas Hasil Teknologi Pertanian 14 orang, Fakultas Teknik 251 orang, Fakultas Teknologi dan Budidaya Tanaman 65 orang,” kata Krey ketika ditemui wartawan majalahbeko.com di setelah penutupan PKKMB, Selasa (15/08/2017) sore.

Ia menjelaskan, Rektor Unipa membantu panpel dalam pelaksanaan PKKMB yang dilaksanakan berturut-turut selama dua hari, Senin (14/8/2017) hingga Selasa (15/8/2017).

“Sebesar Rp. 265 juta 950 ribu yang kami pakai dan sukseskan PKKMB,” jelasnya.

Penutupan PKKMB dihadiri Dr. Ir. Jacob Manusawai, Rektor Unipa. Rektor Manusawai dengan resmi menerima sebanyak 1773 mahasiswa baru.

Ini Pesan Rektor Unipa kepada Mahasiswa Baru

Setelah menerima dengan resmi, Rektor Manusawai menyampaikan beberapa pesan kepada para mahasiswa-mahasiswai baru saat mengadakan apel sore di depan Rektorat Unipa.

Ia mengajak mahasiswa baru menjaga kebersihan diri, lingkungan, dan kampus demi tercapai perkuliahan yang kondusif.

“Mahasiswa baru menjaga kebersihan dan keindahan dalam kampus. Mahasiswa baru jangan lupa bersihkan di lingkungan kampus. Satu kerja untuk semua orang. Kampus bersih, mahasiswa belajar dengan baik dan aman,” ajaknya.

Dikatakan Manusawai, narkoba membunuh generasi muda Papua. Sehingga, ia mengajak mahasiswa baru untuk menjauhi narkoba.

“Kurangi semuanya. Kurangi minum-minuman keras. Jangan melupakan kesan-pesan dan doa-doa dari orang tua. Ingat sampai wisuda,” ajaknya.

Rektor menambahkan, pada saat registrasi program Bidikmisi, harus ada kartu bebas narkoba. Menurut rektor, hal ini harus dilakukan mahasiswa baru agar kampus bebas dari narkoba dan Bidikmisi benar-benar digunakan sebagai penunjang perkuliahan.

Soal akreditasi fakultas, jurusan, dan program studi, ia meminta mahasiswa lebih pro aktif demi menopang salah satu persyaratan di dunia kerja.

“Mahasiswa harus sampaikan kepada akademik terkait masalah akreditasi. Mahasiswa harus melapor kepada dekan masing-masing fakultas,” pintanya.

Masalah demo, rektor meminta mahasiswa untuk mengadakan dialog secara transparan dengan pimpinan universitas.

“Mahasiswa yang biasa demo, tidak baik. Lebih baik mahasiswa datang dialog hal-hal penting bagi mahasiswa,” pintanya.

Dikatakan rektor, Manokwari adalah Kota Injil. Oleh karena itu, ia mengajak mahasiswa bersikap layaknya slogan Kota Manokwari.

“Mahasiswa baru sifat harus injili, bicara terbuka, jujur, sopan dan benar,” ajaknya.

Dalam perkuliahan di kampus, rektor mengatakan, pihak universitas telah menyediakan jaket universitas sebagai identitas. Sehingga, ia meminta mahasiswa mengenakan jaket tersebut.

“Mahasiswa baru harus memiliki identitas kampus, seperti jeket universitas agar mana yang dosen dan mana yang mahasiswa, kita bisa tahu,” pintanya.

Selain itu, demi menjunjung tinggi “Ilmu Untuk Kemanusiaan” dan visi-misi Unipa, rektor meminta mahasiswa berusaha keras bersama civitas akademika Unipa.

“Jangan lupa berdoa dan bersyukur karena Unipa untuk orang Papua,” pintanya seraya berharap seluruh keluarga besar Unipa diberkati Tuhan.

Sementara, Imanuel Rumere, Ketua Presiden Mahasiswa (Presma) Unipa meminta mahasiswa baru belajar dan bertindak atas kebenaran dan kenyataan dalam kampus.

“Mahasiswa jangan terlalu berfokus kuliah dan belajar saja. Mahasiswa bergabung dalam demo dan aksi atas kebenaran harus mahasiswa lakukan,” pinta Rumere.

(Yepuni Giyai)
Terima 1773 Mahasiswa Baru, Ini Pesan Rektor Unipa Reviewed by Majalah Beko on 10.07.00 Rating: 5
All Rights Reserved by Majalah Beko ǀ Situs Berita Online Papua ©Dedicated for West Papuan Property of CV Media Beko

Hubungi Kami

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.