Breaking News

Berita

Wami Star FC Bawa Pulang Piala AA-Pandodei Cup 2017

Partai final antara Asnab FC (kostum biru) versus Wami Star FC (kuning), Senin (28/8/2017) sore di lapangan Sapta Marga Kodim 1705/Paniai. Foto: AP/Beko.
Nabire, MAJALAH BEKO - - Tim sepak bola Nabire, Wami Star FC berhasil mengumpulkan 10 poin dan meraih juara satu setelah mengalahkan tim lawan, Asrama Nabire (Asnab) Jayapura FC dengan skor 1-1 (agregat 2-1) dalam turnamen sepak bola Asosiasi Almamater Paniai, Nabire, Dogiyai, Deiyai dan Intan Jaya (AA-Pandodei) se-Sulawesi 2017. Partai final yang mempertemukan dua tim tersebut berlangsung sengit, Senin (28/8/2017) sore di lapangan Sapta Marga Kodim 1705/Paniai, Nabire, Papua.

Di babak pertama, kedua tim saling jual beli serangan. Hingga memasuki seperuh pertandingan, sang motorik Asnab, Renald Kayame berhasil menjebol gawang Wami Star yang dijaga kiper Ronny Tawaru dengan tembakan voli dari luar garis 16 meter di depan mulut gawang. Tak mau kalah, tim asuhan Arison I. F. Somisu terus mengencarkan serangan. Beberapa menit kemudian, Gawang Asnab yang dijaga Andre Koteng berhasil dijebol penyerang depan Wami Star, Leo Torei setelah mendapatkan bola muntah dari kapten tim Wami Star, Frans Kayame. Skor 1-1 tidak berubah hingga babak pertama berakhir.

Pertandingan semakin sengit di babak kedua. Jual beli serangan pun dilakukan dua kesebelasan, namun tidak membuahkan gol hingga wasit Gad Tekege meniup peluit panjang (tanda berakhirnya pertandingan).

Dalam pertandingan ini, wasit Tekege mengeluarkan lima kartu kuning; dua untuk Wami dan tiga untuk Asnab. Selain Tekege, ada dua asisten wasit yang memandu jalannya pertandingan. Kedua asisten wasit tersebut adalah Yunus Dogopia dan Ompai.

Sebelumnya, lima tim lolos di babak empat besar dari 27 tim yang berlaga. Akibatnya, beberapa tim protes atas aturan kompetisi ‘baru’ yang meloloskan D’Paris FC di partai final. Menanggapi hal tersebut, panitia penyelenggara (panpel) pertandingan AA-Pandodei Cup 2017 dan tim pelatih bersama kapten dan official lima tim tersebut berunding dan memutuskan untuk mencabut undian. Berdasarkan hasil kesepakatan bersama dan nomor undian, pertandingan dilanjutkan dengan sistem kompetisi penuh antar lima tim. Panpel juga menghitung skor tiap tim untuk menentukan juara.

Wami Star unggul dengan satu poin atas Asnab di pertandingan sebelumnya. Berkat keunggulan tersebut, Wami berhasil menjuarai turnamen sepak bola dalam rangka menggalang dana Natal AA-Pandodei se-Sulawesi 2017 ini. Wami berhasil mengemas 10 poin disusul Bima Putra FC dengan 8 poin, Sukikai Selatan (Suksel) FC dengan 5 poin, Asnab FC 4 poin, dan D’Paris FC 0 poin.


Akhir dari pertandingan, panitia melangsungkan penutupan turnamen sepak bola AA-Pandodei Cup 2017. Amir Kadang, Ketua KONI Nabire menutup dengan resmi turnamen ini setelah sebelumnya dibuka dengan resmi oleh Inarius Douw, Ketua PSSI Nabire.


Dalam penutupan, panpel memberikan hadiah kepada para pemenang juara 1, 2, dan 3. Selain itu, panpel memberikan hadiah kepada the best team (tim terbaik), Asnab FC. Panpel juga memberikan hadiah kepada the best player (pemain terbaik) kepada Nando Tebai, pemilik nomor punggung 10 dari Bima Putra FC. Sementara, panpel tidak memberikan hadiah kepada top score (pencetak gol terbanyak). Diketahui, Philepin Tenouye, penyerang depan Asnab berhasil mengemas 8 gol disusul Jefri Douw, penyerang Bima Putra dengan 7 gol.

Peles Makai, manager tim Wami Star FC mengatakan, timnya selalu optimis untuk menang setiap kali pertandingan sepak bola digelar di Nabire.

"Kami main bola, kami selalu optimis harus menang. Ini target yang kami lakukan," katanya ketika ditemui wartawan majalahbeko.com seusai pertandingan digelar.

Dengan kemenangan yang diraih itu, ia berharap agar Wami Star menjadi tim sepak bola besar di Nabire.

Selain itu, Makai mengaku, potensi pemain handal ada di Nabire. Sehingga, ia berharap agar sepak bola Nabire bangkit dan harus diharumkan di Papua maupun di luar Papua.

"Pemerintah harus komunikasi baik dengan pengusaha-pengusaha yang ada di Nabire supaya tim sepak bola Nabire harus jalan. Jangan pemain-pemain Nabire ini mewakili kabupaten-kabupaten lain, seperti Deiyai, Dogiyai, Paniai, Intan Jaya, dan seterusnya," harapnya.

Harapan senada disampaikan Frans Kayame, kapten tim Wami Star di kesempatan yang sama.

"Harapan kami kepada Pemerintah Kabupaten Nabire supaya bisa mengumpulkan pemain-pemain senior maupun junior di sebuah lapangan agar pemain bisa berlatih," harapnya.

Menurut Kayame, hal tersebut musti dilakukan Pemkab Nabire melalui instansi terkait agar kesatuan dan persatuan pemain sepak bola di Nabire tetap terjaga dan nama Nabire di dunia sepak bola diharumkan.

"Untuk tahun depan, kami harapkan supaya senior-senior bisa kembali biar kami siap bermain dari Kabupaten Nabire," harapnya.

Kayame juga mengucapkan terima kasih kepada Tuhan dan pengurus tim, serta rekan-rekannya atas kemenangan yang diraih Wami Star FC.

(Aten Pekei)
Wami Star FC Bawa Pulang Piala AA-Pandodei Cup 2017 Reviewed by Majalah Beko on 01.39.00 Rating: 5
All Rights Reserved by MAJALAH BEKO ©Dedicated for West Papuan Property of CV Media Beko

Hubungi Kami

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.