BREAKING NEWS

Berita

Biro Penalaran dan Keilmuan IMPT Manokwari Menggelar Seminar Sehari

Foto bersama seusai seminar sehari. Foto: Yepuni Giyai/Beko.
Manokwari, MAJALAH BEKO - - Ikatan Mahasiswa Pegunungan Tengah (IMPT) Manokwari melalui biro penalaran dan keilmuan mengelar seminar sehari bersama puluhan anggota IMPT. Seminar sehari yang dipaparkan oleh empat pemateri ini digelar di Fakultas Peternakan Universitas Papua (Unipa), Amban, Manokwari, Kamis (21/9/2017) pukul 08.00 WIT sampai 14.00 WIT.

Materi pertama dipaparkan Yan Nunaki, Dosen Fakultas Sastra dan Budaya Unipa. Dalam materinya, Nunaki mengajak peserta seminar untuk fokus kuliah. “Seluruh anggota IMPT harus rajin ke kampus. Jangan ikut pengaruh kegiatan yang tidak jelas dari luar, tapi harus fokus kuliah,” ajaknya.

Antonius Muyapa, pemateri kedua yang juga koordinator biro penalaran dan keilmuan ikatan yang menaungi 16 kabupaten ini memberikan materi tentang mengetik 10 jari pada papan keyboard. Di sela-sela materinya, Muyapa mengatakan, materi yang diberikannya merupakan pembelajaran bersama sebelum terjun ke dunia kerja. “Saya ajak seluruh anggota IMPT harus bersatu dan membangun roda organisasi dengan serius, sehingga apa yang kita tanamkan di hari ini akan menuai pada hari esok,” ajaknya.

Selain itu, Petrus Yatipai, wartawan kabarmapegaa.com menjelaskan tentang dasar-dasar jurnalistik dan kaidah 5W + 1H. Dalam materinya, Yatipai mengatakan, menulis membuka wawasan dan pola berpikir seseorang. Sehingga, ia mengajak para peserta untuk menulis di media IMPT, impt-manokwari.org.

“Maka itu, seluruh anggota IMPT harus bisa menulis. Kita harus tingkatkan media IMPT yang sudah ada, supaya kita belajar dari situ, agar generasi IMPT ke depan bisa menulis,” ajaknya.

Materi keempat diberikan oleh wartawan majalahbeko.com, Yepuni Giyai tentang teknik peliputan berita. Giyai menjelaskan secara umum tentang persiapan alat dan bahan sebelum terjun meliput di lapangan untuk mewawancara narasumber.

Akhir dari materinya, Giyai mengajak para peserta untuk bisa menulis opini, puisi, cerpen, bahkan berita di lingkup IMPT dan di luar IMPT. “Media yang sudah ada kita angkat bersama-sama dalam dunia jurnalistik,” ajaknya.  

Sementara, Budi Lambe, Ketua IMPT Manokwari dalam sambutannya meyampaikan ucapan terima kasih kepada para pemateri dan para peserta yang telah meluangkan waktu untuk memaparkan materi dan mengikuti seminar sehari yang berjalan aman dan lancar ini. “Semoga materi-materi ini menjadi pondasi awal dalam dunia pendidikan kita bersama,” harapnya.

(Yepuni Giyai)
Biro Penalaran dan Keilmuan IMPT Manokwari Menggelar Seminar Sehari Reviewed by Majalah Beko on 12.48.00 Rating: 5
All Rights Reserved by Majalah Beko ǀ Situs Berita Online Papua ©Dedicated for West Papuan Property of CV Media Beko

Hubungi Kami

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.