BREAKING NEWS

Berita

Biro Penalaran dan Keilmuan IMPT Menggelar Seminar Sehari Kedua

Para peserta berfoto bersama seusai menerima materi-materi. Foto: Yepuni Giyai/Beko.
Manokwari, MAJALAH BEKO - - Ikatan Mahasiswa Pegunungan Tengah (IMPT) melalui biro penalaran dan keilmuan menggelar seminar sehari yang kedua di ruangan Fakultas Peternakan (Fapet) Universitas Papua (Unipa), Amban, Manokwari, Sabtu (23/9/201) pukul 09.00 WIT sampai 14.00 WPB.

Seminar kedua yang diikuti puluhan anggota IMPT ini menghadirkan tiga pemateri. Materi pertama; “Pengertian Strategi Belajar” oleh Yunus Jikwa. Materi kedua; “Strategi Belajar Efektif dan Efisien” oleh Noak Degei. Dan, materi terakhir; “Strategi Pergaulan” dipaparkan oleh Yanuarius Anouw.

Dalam materinya, Yunus Jikwa mengatakan, setiap orang memiliki cara belajar yang berbeda. “Cara belajar kita yang ada itu bisa dipraktekkan sambil mendengar lagu, main facebook, bermain, tidur, duduk, menonton, di bawah pohon,” katanya.

Untuk itu, ia mengajak puluhan peserta tersebut harus mengaplikasikannya dalam dunia pendidikan sambil menyimak setiap pengetahuan yang diterima.   

Ia juga mengajak untuk belajar di dalam kampus dan di luar kampus, seperti IMPT dan gereja. “Seluruh anggota IMPT belajar pengalaman dari dosen, mahasiswa, teman, dan dari kakak senior untuk menguatkan dan meningkatkan pola pikir kita,” ajaknya.

Noak Degei dalam materinya memberikan gambaran agar peserta belajar dan fokus di kampus maupun di luar kampus sesuai kemampuan belajar setiap mahasiswa. “Saya berharap, seluruh anggota IMPT melalui materi ini bisa memperaktekkan dalam kampus dan di dunia kerja, karena Papua membutukan orang yang jujur dan baik hati dalam bangku pemerintahan dan dalam dunia berbisnis,” harapnya.   

Sementara, Yanuarius Anouw mengatakan, pola pergaulan baik sangat dibutuhkan setiap mahasiswa di samping mempertanggungjawabkan kepercayaan yang diberikan dosen-dosen di kampus.

Kepercayaan itu, kata Anouw, dapat diperkaya dengan berdiskusi kelompok, berbagi pengalaman dan pengetahuan antar mahasiswa.

“Mahasiswa harus bergaul dan bergabung dalam roda IMPT, korwil, asrama, kampus, dan gereja untuk mengambil ilmu dan pengetahuan, bukan dari materi yang kita terima dalam kampus saja,” ajak senioritas yang kini bekerja di Bentara Papua itu.   

Sebagai alumni IMPT, Anouw juga berharap agar kinerja organisasi IMPT bisa ditingkatkan dan diisi dengan kegiatan-kegiatan positif. “Terus semangat dan kompak agar bisa tampil depan banyak orang,” ajaknya.

Seminar pertama digelar di tempat yang sama pada Kamis (21/9/2017) pukul 08.00 WIT sampai pukul 14.00 WIT. Dalam seminar ini, terdapat empat pemateri. Materi pertama dipaparkan Yan Nunaki, Dosen Fakultas Sastra dan Budaya Unipa. Antonius Muyapa, pemateri kedua memberikan materi tentang mengetik 10 jari pada papan keyboardPetrus Yatipai, wartawan kabarmapegaa.com menjelaskan tentang dasar-dasar jurnalistik dan kaidah 5W + 1H. Materi keempat diberikan oleh wartawan majalahbeko.com, Yepuni Giyai tentang teknik peliputan berita. 

(Yepuni Giyai)
Biro Penalaran dan Keilmuan IMPT Menggelar Seminar Sehari Kedua Reviewed by Majalah Beko on 11.14.00 Rating: 5
All Rights Reserved by Majalah Beko ǀ Situs Berita Online Papua ©Dedicated for West Papuan Property of CV Media Beko

Hubungi Kami

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.