Breaking News

Berita

Dinas Perpustakaan Nabire dan Ikatan Wanita Sulawesi Selatan Gelar Forum Bebas Membaca

Anak-anak dan remaja sedang membaca dalam forum bebas membaca di Pantai Nabire. Foto: ND/Beko.
Nabire, MAJALAH BEKO - - Dinas Perpustakaan dan Arsib Daerah Kabupaten Nabire dan Ikatan Wanita Sulawesi Selatan telah menggelar forum bebas membaca di Pantai Nabire. Kegiatan yang dilakukan demi meningkatkan minat membaca kepada siswa, mahasiswa dan kalangan umum ini telah berlangsung pada Minggu (27/8/2017) sore dan Sabtu (2/9/2017) sore.

Petrus Adii, Sekertaris Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Nabire mengatakan kepada wartawan majalahbeko.com, bahwa kegiatan ini dilakukan dalam bentuk kerja sama antara dinas perpustakaan dan Ikatan Wanita Sulawesi Selatan.

Menurut Adii, kegiatan ini penting, karena dengan membaca manusia memahami dunia.
Pasalnya, ia menilai, minat baca generasi muda, terutama anak-anak sekolah sudah sangat minim sekali.

“Jadi, kami coba dengan komunitas ini untuk mengajak semua orang atau yang sempat ada di Pantai Nabire bukan saja datang rekreasi, tetapi, misalnya, ada buku yang mereka ingin baca sangat bermanfaat untuk mereka,” katanya.

Dikatakan Adii, pihaknya dan Ikatan Wanita Sulawesi Selatan menyiapkan buku-buku anak dan dewasa. Selain membaca, Ikatan Wanita Sulawesi Selatan mengajar jarimatika atau cara belajar matematika dengan cepat kepada anak-anak sekolah

“Karena anak-anak sekolah menganggap bahwa matematika adalah pelajaran yang sulit dipahami, jadi kita mengajak mereka supaya matematika bukan pelajaran yang sulit kalau kita mengerti,” katanya.

Selaku perwakilan pemerintah daerah, Adii mengimbau kepada seluruh orang tua yang ada di Nabire untuk membawa anak-anak pada sore hari di Pantai Nabire sambil rekreasi dan melihat buku yang disediakan.

“Orang-orang tua harus bawa anak-anak supaya minat membaca pada anak-anak itu bisa terdidik ke depan dan apabila di sini waktunya terbatas bisa datang di kantor Dinas Perpustakaan di Jalan Pepera,” harapnya.

Tujuan kegiatan ini juga disampaikan Yasinta Budihardjo, perwakilan Ikatan Wanita Sulawesi kepada wartawan media ini.

“Kami ingin meningkatkan minat membaca kepada anak-anak di Nabire supaya semakin banyak anak muda Nabire membaca buku, maka semakin ada pula perubahan daerah itu akan nampak ke depan,” katanya.

Lanjut Budihardjo, “Kami juga mengajak anak-anak membaca. Kami juga mengajarkan bagimana cara cepat mempelajari mata pelajaran yang sulit dipahami, seperti matematika supaya kelak nanti mereka masuk sekolah kembali anak-anak bisa memperaktekan di sana sesuaikan yang kami mengajar di sini.”

(Nomensen Douw)
Dinas Perpustakaan Nabire dan Ikatan Wanita Sulawesi Selatan Gelar Forum Bebas Membaca Reviewed by Majalah Beko on 22.41.00 Rating: 5
All Rights Reserved by MAJALAH BEKO ©Dedicated for West Papuan Property of CV Media Beko

Hubungi Kami

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.