BREAKING NEWS

Berita

Pendamping Desa Tingkat Distrik Dogiyai Gelar Pelatihan Peningkatan Kapasitas Kepala Kampung dan Aparat Kampung

Peserta mengikuti pelatihan Peningkatan Kapasitas Kelapa Kampung dan Aparat Kampung Distrik Dogiyai, Rabu (15/11/2017) di Hotel Jepara Indah 2, Jalan Poros Wadio, Nabire, Papua. Foto: DA/Beko.
Nabire, MAJALAH BEKO - - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Dogiyai melalui Pendamping Desa Tingkat Distrik Dogiyai dalam Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (P3MD) menggelar pelatihan Peningkatan Kapasitas Kepala Kampung dan Aparat Kampung Distrik Dogiyai pada Rabu (15/11/2017) di Hotel Jepara Indah 2, Jalan Poros Wadio, Nabire, Papua.

Dolpianus Anouw, Pendamping Desa Tingkat Distrik Dogiyai mengatakan, pelatihan ini digelar untuk meningkatkan kapasitas kepala kampung dan aparat kampung se-distrik Dogiyai dalam mengelola dana desa. “Kegiatan ini dilakukan demi mewujudkan pengelolaan dana desa yang transparan dan akuntabel,” katanya kepada wartawan majalahbeko.com seusai kegiatan.

Anouw menjelaskan, pelatihan ini diikuti 33 peserta, terdiri dari kepala kampung, sekretaris kampung, ketua badan musyawarah kampung (bamuskam), dan bendahara kampung se-Distrik Dogiyai.

Dijelaskannya lagi, sumber dana pelatihan ini berasal dari dana kampung yang berada di Distrik Dogiyai.

"Ada delapan kampung yang ikut pelatihan ini, yaitu Kampung Kigamani, Idadagi, Dogimani, Denemani, Makidimi, Egebutu, Motito, dan Bobobutu. Sementara, Kampung Pona tidak mengikuti pelatihan ini karena tidak menyumbangkan uang pelatihan," jelasnya.

Selain itu, tambah Anouw, terdapat enam pemateri, lima dari tenaga ahli Kabupaten Dogiyai dan satu dari pendamping Distrik Dogiyai. “Setiap materi membahas pengelolaan dana desa sesuai tujuan pelatihan ini,” jelasnya.

Pelatihan bertema "Mewujudkan Pengelolaan Keuangan Desa yang Transparan dan Akuntabel" ini secara resmi dibuka oleh Kepala Dinas Badan Pemberdayaan Masyarakat Kampung (BPMK) Dogiyai yang diwakili Sekretaris BPMK Dogiyai, Andreas Bobii.

Bobii menyatakan dukungannya terhadap pelatihan yang berjalan selama sehari ini.

“Kami mendukung, juga dalam kegiatan ini ada kerja sama aparat kampung untuk mereka harus memahami konsekuensi amanat undang-undang desa,” katanya via telepon seluler.

Ia juga menyampaikan terima kasih kepada kepada pendamping desa tingkat Distrik Dogiyai yang telah menyelenggarakan pelatihan dimaksud.

Selain itu, Bobii mengatakan, peningkatakan kapasitas ini penting dan harus dipatuhi sesuai aturan yang berlaku. Oleh karena itu, ia berharap agar para kepala kampung dan aparat kampung bisa memahami pengelolaan dana desa.

“Intinya, mereka pahami dulu penggunaan dana pusat maupun APBD seperti apa agar dana desa dikelola dengan baik. Selain itu, pengelolaan keuangan harus transparansi sehingga dalam pelaksanaannya juga bisa berjalan baik,” harapnya.

Sementara itu, Jordan Serontou, tenaga ahli pelayanan sosial dasar membidangi bidang pendidikan dan kesehatan Kabupaten Dogiyai mengatakan, pelatihan seperti ini wajib digelar setiap distrik di Kabupaten Dogiyai. Pasalnya, kata dia, Kementrian Desa Republik Indonesia meminta adanya peningkatan kapasitas tiap distrik demi penggunaan dana desa sesuai Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa.

“Menurut saya, selama ini, khusus untuk Kabupaten Dogiyai, aparat kampung belum tahu penggunaan dana desa. Kami tahu, bahwa penggunaan dana desa tahun 2014 sampai 2016 tidak jelas,” ungkapnya di kesempatan yang sama.

Oleh karena itu, tambah Serontou, pelatihan ini diselenggarakan guna mentransparansikan dan mengakuntabelkan pengelolaan dana desa nantinya.

“Mudah-mudahan tahun depan, sembilan distrik yang lain di Kabupaten Dogiyai bisa mencontohi dan bisa membuat kegiatan serupa,” harapnya.

Leo Pekei, seorang peserta dan juga Sekretaris Kampung Egebutu mengaku, kegiatan ini baik dan pemberi materi memaparkan materi dengan baik dan mudah dimengerti perserta. Selain itu, Pekei menambahkan, soft copy materi pelatihan sudah terima peserta pelatihan dalam flashdisk.

“Kalau kami sampai di lapangan, kami bisa lakukan sesuai materi yang kami dapat,” katanya.

(Aten Pekei)
Pendamping Desa Tingkat Distrik Dogiyai Gelar Pelatihan Peningkatan Kapasitas Kepala Kampung dan Aparat Kampung Reviewed by Majalah Beko on 16.50.00 Rating: 5
All Rights Reserved by Majalah Beko ǀ Situs Berita Online Papua ©Dedicated for West Papuan Property of CV Media Beko

Hubungi Kami

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.